DEMO SAINS ALAT PERAGA MATEMATIKA TINGKAT SD DAN SMP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI WILAYAH KECAMATAN INSANA TENGAH

Authors

  • Faustianus - Luan Universitas Timor
  • Oktovianus R Sikas universitas timor
  • Leonardus Frengky Obe universitas timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/timora.v1i1.6697

Abstract

Alat peraga matematika merupakan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam mengkonkritkan konsep yang abstrak  menjadi lebih mudah untuk dipahami. Demo alat peraga matematika ini dilakukan di sekolah-sekolah jenjang Pendidikan Dasar (SD) dan Pendidikan Menengah Pertama (SMP) sebagai bagian dari pemahaman tingkat dasar serta ingin menunjukkan kepada peserta didik bahwa matematika itu asyik dan menyenangkan. Guru  wajib  dituntut untuk mampu menghasilkan  alat peraga sebagai  media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan motivasi  belajar  dari peserta didik. Tujuan dari pengabdian ini adalah membantu guru-guru dan peserta didik  dalam pengunaan dan pemanfaatan alat peraga matematika seperti  mistar hitung bilangan bulat, bilangan pecahan, muter kali, timbangan bilangan dan tangga bilangan untuk  peserta didik SD dan diperkenalkan juga media pembelajaran papan multi fungsi (MUSI) KPK dan FPB, D’happy van serta alat peraga papan SPLDV untuk peserta didik SMP. Media pembelajaran dan alat peraga matematika ini dapat membantu peserta didik dalam memecahkan persoalan-persoalan matematika.  Metode yang digunakan selama kegiatan berupa ceramah, praktek dan diskusi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SDK Maubesi I, yang dihadiri oleh para peserta didik dan guru-guru pendamping dari SDN Nakol dan SMP Satap Nakol Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten TTU. Pelaksanaan kegiatan  demo sains alat peraga matematika tersebut dapat mendorong dan membangkitkan semangat belajar peserta didik serta memberikan pemahaman yang positif dalam meningkatkan  daya pikir baik dalam hal bertanya maupun berdiskusi. Dengan demikian, tim pengabdian sangat mengharapkan bimbingan dan pendampingan secara terus menerus dari guru dalam pembelajaran sehingga mampu menghasilkan dan meningkatkan media pembelajaran yang baik agar dapat menyelesaikan masalah-masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan lebih dari itu untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik di bangku pendidikan.

Downloads

Published

27-04-2024