Mengajarkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
Pengalaman belajar saintifik merupakan pengalaman belajar penting bagi peserta didik. Peserta didik harus memiliki keterampilan psrasyarat dalam pengalaman belajar saintifik, keterampilan dasar tersebut adalah keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerangka kerja dalam membekalkan keterampilan proses sebagai dasar pengalaman saintifik dalam pembelajaran jarak jauh. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskripstif melalui studi dokumen dan literatur. Pengalaman belajar melalui pendekatan saintifik merupakan salah satu standar proses dalam pembelajaran mata pelajaran biologi. Pengalaman belajar melalui pendekatan saintifik mempersyaratkan peserta didik mememiliki keterampilan dasar menjalankan proses saintifik, untuk menjalankan proses saintifik peserta didik harus memiliki keterampilan proses sains dasar. Guru perlu mengupayakan keterampilan proses sains ini dimiliki terlebih dahulu di awal-awal kegiatan pembelajaran biologi di sekolah. Dalam kurikulum BSCS (Biological Science Curriculum Study) dikatakan bahwa tema persoalan biologi pertama yang harus diajarkan kepada peserta didik adalah sains sebagai sebuah proses penyelidikan. Kondisi saat ini dimana peserta didik harus belajar di rumah menjadi tantangan tersendiri bagi para guru untuk melatihkan keterampilan proses peserta didik. Melatihkan keterampilan proses perlu pengalaman hand-on yang dilakukan peserta didik. Sehingga guru harus menyiapkan tugas, instruksi atau bimbingan yang memungkinkan peserta didik melakukan proses sains di rumah, untuk menyiapkan hal tersebut guru memerlukan kerangka kerja pembelajaran jarak jauh yang dapat membekalkan keterampilan proses sains, sebagai keterampilan dasar untuk menjalankan standar proses pembelajaran sains.
References
Choirunnisa, N.L. et al. (2018). Improving Science Process Skills for Primary School Students Through 5E Instructional Model-Based Learning. Journal of Physics: Conf. Series 947. doi :10.1088/1742-6596/947/1/012021
Fitri, S. R, & Saenab, S. (2019). Keefektifan Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Humor pada Materi Genetika terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 11 Makassar. Biology Teaching and Learning, 1(1).
Fitzgerald, M., Danaia, L., & McKinnon, D.H. (2017). Barriers inhibiting inquiry-based science teaching and potential solutions: perceptions of positively inclined early adopters. Res Sci Educ. Springer: doi: 10.1007/s11165-017-9623-5
He, W., Xu, G., & Kruck, S. E. (2014). Online is education for the 21st century. Journal of Information Systems Education, 25(2), 101–105
Lutfi, A, Rusly Hidayah, R (2017). Training Science Process Skills Using Virtual Laboratory On Learning Acid, Base, And Salt. Journal of Chemistry Education Research.
Marshall, J. C., Smart, J. B., & Alston, D. M. (2016). Inquiry-based instruction: a possible solution to improving student learning of both science concepts and scientific practices. International journal of science and mathematics education. doi:10.1007/s10763-016-9718-x
Mishra, L., Gupta, T. & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open. 1 (1).
National Research Council (2000). Inquiry and the national science education standards. Washington, DC: National Academy Press
NGSS (2014) A Content Comparison Analysis of the Next Generation Science Standards and the Michigan Science Standards. SRI International
Nuako, J.O. et al. (2015). Using brief teacher interview to assess the extent of inquiry in classrooms. Journal of advanced Academics. 26(3)197-226
Rustaman, N.Y. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi Malang: Universitas Negeri Malang.
Sahu, P. (2020). Closure of universities due to coronavirus disease 2019 (COVID-19): Im- pact on education and mental health of students and academic staff. Cureus, 12 (4), 1–6. 10.7759/cureus.7541
Semiawan,C., et al., (1985). Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belaja. Jakarta: Gramedia.
Syaodih, N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Wulan, A.R., (2018). Menggunakan Asesmen Kinerja untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian. Bandung: UPI Press
Yu, B. (2019). The Predicting Roles of Approaches to Learning, L2 Learning Motivation, L2 Learning Strategies and L2 Proficiency for Learning Outcomes: A comparison between Mainland and Hong Kong Chinese Students. Educational Studies, 45(4), 520–532
Copyright (c) 2021 BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi and Departement of Biology Education, Universitas Timor as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
BIO-EDU journal and Departement Biology Education, Universitas Timor, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in BIO-EDU are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.