Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Pada Siswa Kelas VII SMPN Maubeli

  • Adriana Bitin Berek Universitas Timor
  • Vinsensia U.R. Sila Universitas Timor
  • Maria Yustiningsih Universitas Timor
Keywords: Peningkatan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN MAUBELI. Manfaat penelitian adalah, sebagai salah satu referensi dalam kegiatan belajar mengajar Biologi. Khususnya dalam penerapan metode mengajar, dan dapat memberikan sumbangan yang baik pada sekolah dalam rangka memberikan pembelajaran Biologi.  Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII.A SMPN Maubeli, yang berjumlah 20 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pedoman pengamatan. Penelitin ini dilaksanakan dengan dua siklus selama satu minggu dengan dua kali pertemuan.  Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMPN Maubeli, dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan kelas yang mengalami peningkatan yaitu siklus I sebesar 600/0 dan siklus II 1000/0. Berdasakan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP, materi keanekaragaman makluk hidup. Dari hasil tes siswa yang di lakukan dari siklus ke siklus diperoleh persentase keberhasilan atau ketuntasan sangat meningkat, yaitu hasil hasil tes pada siklus I dari 20 orang yang mengikuti tes 12 orang dan yang tidak tuntas 8 orang dengan presentase ketuntasan klasikal 60%. Pada siklus II siswa yang mengikutu tes ada 20 orang dan semuanya tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal 100%.

Published
2018-12-31