SISTEM INFORMASI PARIWISATA DAERAH KABUPATEN MALAKA BERBASIS WEB

  • Yanuarius Nahak UNIVERSITAS TIMOR
Keywords: Sistem Informasi Pariwisata, Kabupaten Malaka, Pengembangan Berbasis Website, Potensi Pariwisata, Promosi dan Pengelolaan Objek Wisata

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan Sistem Informasi Pariwisata daerah Kabupaten Malaka berbasis website. Kabupaten Malaka memiliki potensi pariwisata yang menarik, seperti Pantai Abudenok, Motadikin, Lao'odik, dan Pos Lintas Batas Negara (PLBM) Motamasin. Namun, informasi mengenai tempat-tempat pariwisata ini belum terpublikasi dengan baik karena beberapa lokasi berada di daerah pelosok.

            Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membuat sistem informasi pariwisata berbasis web untuk Kabupaten Malaka, serta menguji kualitas sistem yang telah dibuat. Dengan sistem informasi ini, diharapkan dapat meningkatkan promosi dan pengelolaan objek-objek wisata di Kabupaten Malaka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian terapan dengan tahapan pengumpulan data, identifikasi masalah, perancangan sistem, pengujian, implementasi, dan pemeliharaan.

            Analisis kebutuhan sistem dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sistem ini memiliki fitur seperti tampilan informasi wisata, laporan data wisata, posting informasi, review data, dan fitur login untuk admin. Implementasi dilakukan dengan membuat antarmuka pengguna (UI) sesuai dengan perancangan yang telah dibuat.

            Pengujian sistem dilakukan melalui uji coba dengan pengguna admin dan pengguna biasa (user). Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem berhasil memenuhi fungsionalitas yang diharapkan, seperti pengelolaan data wisata, posting informasi, dan review data.man Judul

References

Rahmadayanti, F., Septriani, E., & ... (2020). Sistem Informasi Pariwisata Untuk Memudahkan Wisatawan Dalam Menentukan Rute Perjalanan Berwisata di Kota Pagar Alam Berbasis Web. Jurnal Ilmiah …, 196–200. http://ejournal.lppmsttpagaralam.ac.id/index.php/betrik/article/view/257%0Ahttps://ejournal.lppmsttpagaralam.ac.id/index.php/betrik/article/download/257/237

Sitindaon, K., & Herry, M. (2020). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Tracer Study Berbasis Web sebagai Panduan Wisatawan Pada Kabupaten Kerinci. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 5(1), 125–135.

Utomo, S., & Hamdani, M. A. (2021). Sistem Informasi Geografis (SIG) Pariwisata Kota Bandung menggunakan Google Maps API dan PHP. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, XI(1), 1–9.

Yunita, :, & Reku, R. (n.d.). The Prototype Of Application Tourism Information East Nusa Tenggara Web-Based.

Kristanto, A., 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Liga N Sandiana, 2002. Perancangan Sistem Informasi Biro Perjalanan Wisata Di PT. Alya@NET Tours And Travel Berbasis Web. Universitas Pamulang.

Tumimomor Mailany, 2013. Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Kupang. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika.

Yulian Oni, 2015. Rancang Bangun Sistem Informasi Obyek Wisata Berbasis WEB Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Yogyakarta

Arsad, 2011. Perancangan System Informasi Parawisata Berbasis Webdi Dinas Kebudayaan Dan Parawisata Kabupaten Muna. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Lengkong C. Mouren. 2019, Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web di Kabupaten Minahasa. Jurnal Teknik Informatika Volume 14, No 1.

Published
2023-09-16