INOVASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMASARAN UMKM SUKAMAJU AJAOBAKI BERBASIS E-MARKETING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Umbu Joka
Achmad Subchiandi Maulana
Yohanes P. V. Mambur
Siprianus Septian Manek
Melkisedik Bukifan

Abstract

Abstrak


Fenomena pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar pada aspek ekonomi cukup berpengaruh terhadap daya beli masyarakat karena dengan adanya pembatasan aktivitas masyarakat. Dampak ini dirasakan oleh para pelaku UMKM Kelompok UP2K Wanita Tani Suka Maju  cukup kesulitan dalam proses pemasaran hasil produk pertaniannya. Setelah adanya pandemi Covid-19 dan kebijakan pemerintah terkait pembatasan aktivitas masyarakat. Perlu adanya strategi dalam pengelolaan manajemen pemasaran yang baik sehingga dapat kembali memulihkan pendapatan UMKM Kelompok UP2K Wanita Tani Suka Maju. Dengan adanya pelaksanaan pengabdian oleh tim dari Universitas Timor dapat membantu memberikan pencerahan dan pengetahuan dalam upaya pengembangan UMKM Kelompok UP2K Wanita tani Suka Maju Desa Ajaobaki, Kecamatan Mollo Utara Kabupten Timor Tengah Selatan selama masa pandemi Covid-19 dan adanya pembatasan aktivitas masyarakat yakni melalui pertama, optimalisasi terget pasar (market place);kedua, optimalisasi manajemen produksi dan sistem pemasaran berbasis Elektronik (E-Marketing);ketiga, optimalisasi Peraturan Desa (PERDES) Ajaobaki sebagai produk hukum dalam upaya mendukung pengelolaan dan pengembangan potensi desa Ajaobaki sebagai salah satu desa wisata;keempat, optimalisasi partisipasi aktif masyarakat khususnya para pelaku UMKM untuk menyediakan bahan baku melalui proses budidaya atau bercocok tanam yang baik sesuai anjuran para ahli pertanian.

Article Details

How to Cite
Joka, U., Maulana, A., Mambur, Y., Manek, S., & Bukifan, M. (2022). INOVASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMASARAN UMKM SUKAMAJU AJAOBAKI BERBASIS E-MARKETING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Bakti Cendana, 5(1), 6-14. https://doi.org/10.32938/bc.5.1.2022.6-14
Section
Articles

References

Dwi Anggraeni, Feni, Imam Hardjanto, A. H. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(6).
Febrantara, D. (2020). Bagaimana Penanganan UKM di Berbagai Negara Saat Ada Pandemi Covid-19? DDTC Fiscal Research. Retrieved from https://drive.google.com/drive/folders/1MY31IOC3gWqEgzNkuJzqJnB9PV6qA2D

Fensel, D. et all. 2001. Product Data Integration in B2B E-commerce, IEEE Intelligent Systems.

Islam, A. 2020. Configuring a Quadruple Helix Innovation Model (QHIM) based blueprint for Malaysian SMEs to survive the crises happening by Covid-19. Emerald Open Res, 2.

Jinling, Chang et all. 2009. Modeling E-Commerce Website Quality with Quality Function Deployment, IEEE International Conference on Deployment e-Business Engineering. 21-23 Oct. 2009

Hadiwardoyo, W. (2020).Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal of Business and Enterpreneurship, Vol. 2 No. 2 April 2020. doi:10.24853/baskara.2.2.83-92.

Kementrian Keuangan Dirjen Perbendaharaan, 2020. Kajian Fiskal Regional. Kupang, Nusa Tenggara Timur. Retrieved From https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/images/file_artikel/file_pdf/kfr/2020/30_KFR_2020_NTT.pdf

Kemenkop-UKM. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB). Retrieved from http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1580223129_PERKEMBANGAN%20DATA%20USAHA%20MIKRO,%20KECIL,%20MENENGAH%20(UMKM)%20DAN%20USAHA%20BESAR%20(UB)%20TAHUN%202017%20-%202018.pdf

OECD. (2020). SME Policy Responses: Tackling Coronavirus (Covid-19) Contributing to A Global Effort. Retrieved from https://oecd.dam-broadcast.com/pm_7379_119_119680-di6h3qgi4x.pdf

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.

Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1147-1156.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952