PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR INPRES MAULAFA KOTA KUPANG
Main Article Content
Abstract
The aim of this Community Service (PkM) activity is to facilitate low-grade teachers of SD Inpres Maulafa Kupang City, East Nusa Tenggara, using the zoom application as an online conference media in mathematics learning which is carried out online during the covid 19 pandemic. The PkM team from the Mathematics Education Study Program, Nusa Cendana University, collaborating with the head of SD Inpres Maulafa, Kupang City. There were 35 low-grade teachers and staff of SD Inpres Maulafa, Kupang City who actively participated in the workshop. The PkM activity started by presentation of classically relevant material. There are two topics 1). The importance of technology integration in mathematics learning and 2). a brief explanation of the zoom application, the supporting features and procedures for managing the zoom application for online learning. The activity continued with discussion then direct practice by teachers and staff related to the theory that had been explained. The results showed that the participants were very enthusiastic about the material being studied and there needed to be further activities to facilitate teachers using other simple video conferencing applications in learning. The activity ended with the awarding of prizes where participants received a certificate of participation in the activity.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor.
Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.
References
Dominikus, W. S., Nenohai, J. M. H., Samo, D. D., dan Udil, P. A. (2021) Pelatihan Pengembangan Alat Peraga Bangun Datar Bagi Guru-Guru Sdk St. Arnoldus Penfui-Kupang. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4 (1), 37-43
Dwiyansaputra, R., Wijaya, I. G. P. S., Bimantoro, F., Nugraha, G. S., & Aranta, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri 10 Cakranegara. JBegaTI, 2 (1), 62-69.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 21 tahun 2016, tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Martin, L. M. (2021). How to use Zoom: A step-by- step guide (2021). Artikel Diambil pada tanggal 5 Juli 2021 dari https://sites.duke.edu/extracvd/files/2021/04/TA_05_How-To-Use-Zoom-A-Step-by-Step-Guide-2021.pdf
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2854 – 2860.
Pratiwi, A. D., Afandi, A., & Wahyuni, E. S. (2019). Potensi Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Pembelajaran Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2019: Optimalisasi Kualitas Pembelajaran Abad 21 di Era Revolusi Industri 4.0 salam Menghasilkan Pendidikan yang Profesional, 1747-1754. Pontianak: Universitas Tanjung Pura.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4 (2), 195-199
Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68-83.