PEMBINAAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN PENGGUNAAN SAK EMKM PADA PELAKU UMKM DI KAVLING FLAMBOYAN

  • Viola Syukrina E Janrosl Universitas putera batam
  • Kiki Futich Rosida
  • Annisa Anugrah Maulidina Universitas Timor
Kata Kunci: SAK EMKM, Laporan Keuangan

Abstrak

Pengelolaan keuangan menjadi salah satu aspek penting bagi kemajuan suatu usaha. Pengelolaan keuangan dapat diedukasi melalui akuntansi. Akuntansi merupakan proses sistematis untuk menghasilkan informasi keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bagi penggunanya. Penggunaan akuntansi dapat mendukung kemajuan UMKM khususnya dalam hal keuangan. Fenomenanya dalam menjalankan aktivitas usaha seringkali pengelola UMKM merasa kesulitan dalam melakukan pencatatan terhadap apa yang terjadi pada operasional usahanya. Kesulitan itu menyangkut aktivitas dan penilaian atas hasil yang dicapai oleh setiap usaha. Apalagi kalau harus dilakukan pengukuran dan penilaian atas aktivitas yang terjadi dalam kegiatan usaha ataupun non usaha.  Fenomena ini menarik minat tim pengusul pengabdian untuk mengadakan kegiatan pengabdian yang bersifat pembinaan kepada  3 pelaku UMKM yang ada di Kavling Flamboyan. Ada pelaku usaha pisang krispy, bakso bakar dan kue bawang. Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan Agar pelaku usaha bisa membuat pembukuan yang terstruktur dalam laporan keuangan yang baik sesuai standar EMKM dan mampu mengidentifikasi kebutuhan penambahan modal kerja melalui penyisihan pendapatan atau pengajuan kredit bank, untuk itu pengabdian ini memberikan pembinaan bagaimana cara membuat laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM  . Menambah wawasan peserta pembinaan yaitu pelaku usaha pisang krispy, bakso bakar dan kue bawang yang ada di Kavling Flamboyan. 

 

 

 

 

 

Referensi

Neli, & Tertarik, J. (2017). Perkembangan UMKM Kecamatan Sagulung. Batam.

Setyorini, D., Ari Istiningrum, A., Adhi Nugroho, M., & Murti Sagoro, E. (2012). Pelatihan Akuntansi UMKM Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Kinerja Keuangan Perusahaan, (April), 1–18.

Shonhadji, N., A, L. A., & Djuwito. (2017). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berdasarkan SAK EMKM di Surabaya, 130–136.

Tertarik, J. (2017). Pembentukan Tim Mea (Masyarakat Ekonomi Asean). Batam.

Diterbitkan
2019-09-13