Program Peningkatan Kemandirian Ekonomi Panti Asuhan Syifa’ul Qolbi

  • Risgiyanti Risgiyanti Universitas Sebelas Maret
  • Ana Shohibul

Abstrak

Panti Asuhan Syifa’ul Qolbi memiliki fasilitas penunjang berupa konveksi kecil sebagai wadah untuk pelatihan keterampilan menjahit bagi anak asuh disamping sebagai tempat usaha. Namun perkembangan usaha ini mengalami beberapa kendala seperti manajemen bisnis yang masih tradisional, strategi pemasaran yang belum optimal, peralatan produksi yang belum efisien serta kurangnya motivasi dan jiwa kewirausahaan anak asuh. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan usaha panti asuhan di bidang fashion dan menumbuhkan karakter kewirausahaan anak-anak asuh supaya mereka dapat memanfaatkan potensinya secara lebih baik di masa yang akan datang.

Beberapa program workshop kewirausahaan, pelatihan desain dan pola, pelatihan manajemen bisnis, pelatihan e-marketing, pembuatan merek produk dan konsep pemasaran serta pendampingan usaha telah dilaksanakan dengan baik. Hasil dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan motivasi dan karakter kewirausahaan peserta pelatihan, peningkatan keterampilan desain dan pola jahit, peningkatan pengetahuan manajemen bisnis, terciptanya merek, sarana pemasaran online serta dan peningkatan kualitas produksi. Progam ini juga memberikan bantuan peralatan penunjang produksi untuk peningkatan efisiensi dan efektivitas.

Referensi

Kansil, C. S. . (2006). Aku Pemuda Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kasali, R. (2010). Wirausaha Muda Mandiri. Kisah Inspiratif Anak Muda Mengalahkan Rasa Takut dan Bersahabat dengan Ketidakpastian. Menjadi Wirausaha Tangguh. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Moleijarto. (1996). Pemberdayaan Kelompok Miskin Melalui Program IDT. Jakarta: CSIS.

Shihab, Q. (1997). Tafsir Al-Qur’an Al-Karim. Bandung: Pustaka Indah.

Diterbitkan
2019-10-09