Penerapan Pendidikan Matematika Dasar Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Kampung Lapai

Main Article Content

Lilis Harianti Hasibuan
Darvi Mailisa Putri
Miftahul Jannah

Abstract

Penyuluhan yang berjudul Penerapan Pendidikan Matematika Dasar Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Kampung Lapai mengajukan masalah bagaimana penerapan Pendidikan Matematika Dasar pada anak usia dini. Untuk mengatasi masalah di atas penulis mengajukan konsep agar anak usia dini bisa memahami pelajaran matematika dengan mudah dan menyenangkan. Pada anak usia dini perkembangan kemampuan matematis dimulai sejak kecil, dan berlanjut saat anak-anak berkembang secara mental, fisik, dan sosial, yang berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan dan kemampuan mereka . Pendidikan matematika dapat diberikan kepada anak sejak usia 0-6 tahun. Anak pada usia 0-6 tahun perlu mendapaat perhatian khusus karena pada usis inilah kesiapan mental dan emosional anak mulai dibentuk. Pendidikan anak usia dini (PAUD) ikut serta dalam menjamin mutu pendidikan dan kebrhasilan akademis secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas masukan pendidikan yaitu kesiapan mental dan emosional anak memasuki sekolah dasar. Metode dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif.. Adapun sampel yang akan menjadi responden pada pengabdian ini adalah siswa PAUD Amanah dengan menggunakan analisis inferensial produc moment. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung lebih besar dariĀ  ttabel (5,231 > 1,694). Artinya terdapat hubungan positif yang tinggi atau kuat antara pendekatan realistik dan pemahaman matematika dasarĀ  pada anak usia dini

Article Details

How to Cite
Hasibuan, L., Putri, D., & Jannah, M. (2020). Penerapan Pendidikan Matematika Dasar Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Kampung Lapai. Bakti Cendana, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.32938/bc.3.1.2020.1-9
Section
Articles

References

[1] Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta
[2] Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta
[3] Damayanti, Ratna, Dwi dan Wahyuni. 2005. Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
[4] Harlan.2008. Matematika untuk PAUD. (http:www.Matematika PAUD.co.id, diakses 25 November 2019
[5] Howard, Gardner.1999. Multiple Intelligences. Terjemahkan oleh Moch Hanafi.2000.Bandung:Remaja Rosdakarya
[6] Mujib dan Mudjakir.2001.Tumbuh Kembang Anak. Surabaya:Remaja Rosdakarya
[7] Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Sains. Alfabeta, Bandung

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.