PERMAINAN SAINS BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH SMP SWASTA GITA SURYA DAN SMA NEGERI 1 EBAN KECAMATAN MIOMAFO BARAT KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

  • Sefrinus M.D. Kolo Universitas Timor
  • Yohana Ivana Kedang Universitas Timor
  • Maria M Kolo Universitas Timor
  • Jefry Presson Universitas Timor
  • Elisabeth Korbafo Universitas Timor
  • Eduardus Edi Universitas Timor
  • Noviana M Oebenu Universitas Timor
  • Regina Seran Universitas Timor

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Nopember 2018 di SMP Swasta Gita Surya dan SMA Negeri 1 Eban. Materi pengabdian permainan sains berupa Listrik buah, Larutan elektrolit, karamelisasi gula, uang ajaib, magnet listrik, perbedaan tekanan udara, peristiwa melayang tenggelam dan terapung, gunung meletus, kapur barus bergerak dalam air, indicator asam-basa alami. Kegiatan demonstrasi sains dilaksanakan dengan metode pertunjukkan, ceramah dan diskusi. Siswa – siswi berinteraksi secara aktif, tidak kaku, penuh semangat ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang muncul, dan siswa sangat antusias dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim pengabdi serta tingginya minat siswa untuk terlibat di dalam praktik demonstrasi sains.

Referensi

Erlinda, 2017, Penerapan Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa terhadap Pelajaran IPA di Sekolah Dasar,Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, Vol.3 No.3, 585 – 593

Marlina, 2016, Manajemen Laboratorium Kimia, Jurnal Manajer Pendidikan, Vol. 10, No. 4, 374-380

Ndraha, I., M., Sukardiyono, 2017, Perbedaan Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains antara Peserta Didik yang Mengikuti Pembelajaran melalui Metode Demonstrasi dengan Metode Eksperimen pada Materi Pengukuran Besaran Panjang, Massa dan Waktu, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 6, No. 1, 9 -14

Rahman, D., Adlim, Mustanir, 2015, Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadapPelaksanaanPraktikum Kimia pada SLTA Negeri KabupatenAceh Besar, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 03, No.02, 01-13

Sayekti, I., C.,A., M.,Kinasih, 2017, Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, 97 - 105

Subrata, 2016, Penerapan Metode Demonstrasi pada Materi Asam Basa Garam Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal scientia Indonesia, Vol.1, No.1, 37 – 44.

Tim Konsultan Kimia FPTK UPI, 2004, CARA MENATA ALAT DAN BAHAN DI LABORATORIUM KIMIA, Direktrorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kejuruan : Jakarta.

Wajdi, B., Hizbi T., 2016, Penerepan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Berbasis Observasi Gejala Fisis ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa pada Pembelajaran IPA, Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, Vol. IV, No. 2, 100 - 110.

Diterbitkan
2019-09-13