PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LERNING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEWAPANTE EMBELAJARAN DISCOVERY LERNING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Main Article Content

ADRIANUS MAYOS MARUNG
TANTI DIYAH RAHMAWATI
MAGDALENA DHEMA

Abstract

Model discovery learning adalah model pembelajaran yang interaktif dan menekankan pada pengalaman langsung.Tujuan  penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika peserta didik.penelitian yang digunakan  ialah penelitian  kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SMPNegeri I Kewapante dengan sampel penelitian yang berjumlah 52 peserta didik yang di dapatkan melalui teknik multistage random sampling.Instrumendari penelitian ini yaitutes hasil belajar.penelitian ini  menggunakan teknik pengumpulan data dengan  metode tes hasil belajar. sebelum melakukan uji hipotesis  perlu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitasmenggunakan aplikasi spss 22 uji shapiro-wilk dan uji homogenitasmenggunakan aplikasi spss 22 uji levene statistic. Sesudah  data berdistribusi normal dan homogen di lanjutkan dengan uji hipotesismenggunakan aplikasi spss 22 uji  independent sample t test. Setelah melakukan uji hipotesis di peroleh  thitung = 6,98 lebih besar dari  t table = 2,01. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat di katakana bhawa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kewapante.

Article Details

Section
Articles