Arsitektur Mesjid Saya Sultan Riau Penyengat Sebagai Sumber Belajar Matematika

Main Article Content

Puji Astuti
Rifka Mailihastarin

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aktifitas matematika pada Arsitektur Mesjid Raya Sultan Riau Penyengat yaitu aktivitas mengukur, ada beberapa konsep matematika yang terdapat pada arsitektur Mesjid Raya Sultan Riau Penyengat yaitu berupa bangun datar, bangun ruang dan refleksi (pencerminan). Konsep-konsep matematika ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika.


Kata kunci: Sumber Belajar Matematika, Refleksi.

Article Details

Section
Articles

References

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2007). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Punlication, Inc.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Faisal, A. N., & Nurgiyatna. (2016). Sistem Informasi Geografis Web untuk Peyebaran Fasilitas Umum di Kabupaten Klaten. In Jurnal Program Studi Teknik Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Irwan. (2011). Pengaruh Pendekatan Prolem Posing Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 1–13.
James, G., James, R. C., & Alchian, A. A. (1976). Mathematic Dictionary (Fourth Edi). Van Nostrand Reinhold.
Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3169–3174. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.728
Ruseffendi, E. T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalanı Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Tarsito.