Deskripsi Kemampuan Pembuktian Langsung Mahasiswa pada Matakuliah Analisis Variabel Riil

Main Article Content

Fitriani Fitriani
Meiva Marthaulina Lestari Siahaan

Abstract

Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk mengetahui gambaran dari kemampuan mahasiswa dalam membuktikan suatu pernyataan matematika pada mahasiswa yang memprogramkan matakuliah analisis variabel riil. Kemampuan pembuktian langsung menjadi kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa untuk lulus pada matakuliah analisis variabel riil. Mahasiswa diberikan instrumen berupa soal pembuktian matematis dengan beberapa alternatif jawaban pembuktian. Jawaban mahasiswa direduksi dengan mengelompokkan jawaban pembuktian langsung yang sejenis.  Selanjutnya dipilih mahasiswa untuk diwawancarai berdasarkan perwakilan masing-masing kelompok jawaban tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat mahasiswa yang tidak mengetahui langkah awal atau pernyataan awal yang digunakan untuk menyusun argumen pembuktian langsung. Namun, ada pula mahasiswa yang sudah dapat menyusun argumen pembuktian dengan baik dan disertai penjelasan untuk setiap argumen yang dituliskan. Hasil penelitian ini juga berguna sebagai bahan refleksi bagi penulis khususnya dalam proses pembelajaran pada matakuliah analisis variable riil.

Article Details

Section
Articles

References

Ah, N. I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Analisis Real Berbasis Pembuktian Pada Semester V UNMUH JEMBER. Jurnal Gammath, I Nomor 2(2), 26–32.
Fadillah, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 15. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.752
Hernadi, J. (2013). Metoda Pembuktian dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.22342/jpm.2.1.295.
Herutomo, R. A. (2019). Kesalahan Mahasiswa dalam Pembuktian Matematik. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 54–68. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.13262
Hodiyanto, H. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Semester V dalam Mengerjakan Soal Pengantar Analisis Real. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 33. https://doi.org/10.23971/eds.v5i1.641
Hodiyanto, H., & Susiaty, U. D. (2018). Peningkatan Kemampuan Pembuktian Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Posing. MaPan, 6(1), 128–137. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a12
Iswahyudi, G. (2012). Aktivitas Metakognisi dalam Memecahkan Masalah Pembuktian Langsung Ditinjau dari Gender dan Kemampuan Matematika. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Matematika UNS Surakarta, 1–19.
Izza El Milla, Y., & Resti Wulan, E. (2016). Proses Metakognitif Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Tahun Pertama Dalam Menyelesaikan Masalah Pembuktian Sederhana. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Profesi (JP3), 6(Maret).
Kartika, E. D., & Yazidah, N. I. (2019). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Matakuliah Analisis Real Berdasarkan Adversity Quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 152. https://doi.org/10.31000/prima.v3i2.1385
Laja, Y. P. W., & Fitriani, F. (2022). Providing a Proof and Providing Non-Proof Argument. Proceedings of the 2nd National Conference on Mathematics Education 2021 (NaCoME 2021), 656(NaCoME 2021), 243–247. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220403.035
Nurrahmah, A., & Karim, A. (2018). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Matakuliah Teori Bilangan. JURNAL E-DuMath, 4(2), 21. https://doi.org/10.26638/je.753.2064
Perbowo, K. S., & Pradipta, T. R. (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Real Mahasiswa Pendidikan Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 81. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp81-90
Prajitno, S. H. (2020). Analisis Kreativtas Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Pembuktian Langsung Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Media Pendidikan Matematika, 8(2), 43. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i2.3068
Sinaga, R. F., Si, M., Siahaan, D. F. B., & Pd, M. (2019). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Mata Kuliah Teori Bilangan. JKIPM (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Matematika, I, 58–63.
Sumarno, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, Dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 10–27.