Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi Kelas VIII MTs Ash-Shohibiyah Bangun Purba

Main Article Content

Annajmi Annajmi
Armison Armison
Ratri Isharyadi

Abstract

Siswa mengalami kesulitasn dan sering mengalami kesalahan dalam konsep relasi dan fungsi dikelas VIII. Kesalahan yang terjadi dapat berupa kesalahan fakta, konsep, operasi, dan prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi siswa kelas VIII MTs Ash-shohibiyah Bangun Purba. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA berjumlah 23 orang siswa. Siswa yang melakukan kesalahan fakta berjumlah 22 siswa (95,65%), kesalahan konsep 13 siswa (56,53%), kesalahan operasi 3 siswa(13,04%), dan kesalahan prinsip 4 siswa (17,39%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan semua jenis kesalahan. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah kesalahan fakta dan kesalahan konsep. Siswa belum mampu menuliskan simbol-simbol matematika. Siswa juga masih kesulitan membedakan relasi, fungsi, dan tidak keduanya. Pada materi fungsi, penggunaan langkah-langkah yang dilakukan siswa kurang tepat sehingga dapat dikatakan secara keseluruhan siswa belum menguasai materi fungsi dengan baik.

Article Details

Section
Articles

References

Andriani, T., Suastika, I., & Sesanti, N. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. pi: Mathematics Education Journal, 34-39.
Cahya, I. M., & Warmi, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (pp. 602-609).
Fitria, N. T. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu VAriabel. MATHEdunesa.
Kamariah, & Marlissa, I. (2016). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Buti Merauke. Magistra, 30-42.
Lestari, W., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi di Kelas VII SMP Negeri 4 Balai Jaya. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 43-56.
Minardi, A., Lubis, S. D., & Annajmi. (2018). Kemampuan Berpikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa.Medan: Harapan Cerdas Publisher.
Nalole, M. (2007). Pembelajaran Fungsi melalui Pemecahan Masalah pada Mahasiswa Semester I D-II PGSD Jurusan Pendidikan Anak Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Inovasi.
Nitbani, Y., Amsikan, S., & Klau, K. Y. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Matriks di SMAS WArta Bakti Kefamenanu. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 71-83.
Nurfalah, I. A., Novtiar, C., & Rohaeti, E. E. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Newman dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 205-214.
Rahayu, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kesebangunan. Jurnal e-DuMath, 1-9.
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 165-174.
Ramadan, A. F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Learning Rensi Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 42-50.
Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematik, 111-128.
Septiahani, A., Melisari, & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 311-322.
Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 106-113.
Yadrika, G., Amelia, S., Roza, Y., & Maimunah. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras dan Lingkaran. JPPM.