PENERAPAN ALGORITMA BRANCH AND BOUND PADA PERSOALAN PEDAGANG KELILING (TRAVELLING SALESMAN PROBLEM) PENERAPAN ALGORITMA BRANCH AND BOUND PADA PERSOALAN PEDAGANG KELILING (TRAVELLING SALESMAN PROBLEM)

Main Article Content

Justin Eduardo Simarmata

Abstract

Persoalan pedagang keliling merupakan persoalan optimasi untuk mencari perjalanan terpendek bagi pedagang keliling yang ingin berkunjung ke beberapa kota, dan kembali ke kota asal keberangkatan. Beberapa metode telah digunakan untuk memecahkan  persoalan TSP. Namun, pada zaman yang serba praktis sekarang ini dibutuhkan algoritma yang dapat menyelesaikan TSP dengan cepat sehingga diperoleh solusi yang mendekati.  Penelitian ini membahas tentang algoritma Branch and Bound dalam menyelesaikan persoalan TSP. Dengan menerapkan algoritma Branch and Bound pada hasil pembahasan persoalan pedagang keliling (Travelling Salesman Problem) dalam penelitian ini maka diperoleh rute perjalanan terpendek dengan biaya yang paling minimal.

Article Details

Section
Articles

References

Firdaus, Yusrah N, dkk. (2019). Implementasi Algoritma Branch and Bound dalam Penentuan Jumlah Produksi Untuk Memaksimalkan Keuntungan. Jurnal String, 4(1), (pp. 65-70) . Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Gillet, Billy. E. (1976). Introduction to Operations Research: A Computer-Oriented Algorithmic Approach. United States of America: McGraw-Hill.

Gupta, Prem Kumar dan D. S. Hira. (2007). Operations Research. Ram Nagar-New Delhi: RajendraRavindra.

Guritnowati, dkk. (2014). Penerapan Algoritma Branch and Bound untuk Menentukan Rute Objek Wisata di Kota Semarang. Jurnal Matematika, 3(1), (pp.50-55). Semarang: Universitas Negeri Semarang

Mulyono, Sri. (2004). Riset Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Munir, Rinaldi. (2010). Matematika Diskrit. Bandung: Informatika.

Liu, C. L. (1995). Dasar-dasar Matematika Diskrit Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, Agus. (2014). Usulan Perbaikan Rute Pengiriman dengan Menggunakan Metode Nearest Neighbour dan Branch and Bound di home industrydonatenak Bandung. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 2(2), (pp. 278-287). Bandung: ITN.

Siagian, P. (2006). Penelitian Operasional: Teori dan Praktek. Jakarta: Universitas Indonesia.

Supatimah, Sri S, dkk. (2019). Optimasi Keuntungan dengan Metode Branch and Bound. Jurnal Aksioma, 10(1), (pp. 13-23). Lampung : UIN RadenIntan Lampung.

Taha, Hamdy. A. (2007). Operations Research an Introduction Eight Edition. Fayetteville: University of Arkansas.

Utomo, dkk. (2004). Minimasi Biaya Distribusi Tempe Dengan Menggunakan Metode Travelling Salesman Problem (TSP) (Studi Analisa Usaha Kecil HikmaSanan Malang). Jurnal Teknik Pertanian, 5(2), (pp. 87-94). Malang: Universitas Brawijaya Malang.