METODE KUBUS RINGKASAN TAKSONOMI BLOOM BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINGKING SKILL (HOTS) GUNA PENGEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA DAN MENDUKUNG KECAKAPAN ABAD 21

Main Article Content

Albertus Tuhu Setyo Nugroho

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi ini biasanya diperlukan untuk memecahkan permasalahan dan persoalan yang sifatnya abstrak dan memerlukan pemahaman secara mendalam, salah satunya adalah matematika. Namun kenyataannya dari fakta yang ada sangat disayangkan, kemampuan matematika di Indonesia masih tergolong rendah. Pada hakikatnya High Order Thinking Skills (HOTS) sebagai suatu pemikiran yang terjadi pada tingkat tinggi dalam suatu proses kognitif. Maka dari itu tujuan dari penulisan karya ilmiah ini yaitu untuk mengetahui penerapan dan pengaruh penerapan metode Kubus Ringkasan Taksonomi Bloom berbasis Mind Mapping pada pembelajaran matematika guna meningkatkan High Order Thinking Skill (HOTS). Metode penulisan karya tulis ini menggunakan studi literatur dan eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan metode kepustakaan, metode dokumentasi, dan metode tes. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen yang menerapkan metode Kubus Ringkasan Taksonomi Bloom berbasis Mind Mapping terlihat bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Sedangkan penerapan metode Kubus Ringkasan Taksonomi Bloom berbasis Mind Mapping ini terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan alat dan bahan, membuat, dan menggunakan dalam pembelajaran matematika.

Article Details

Section
Articles

References

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

Deporter, B. (2010). Quantum Teaching. Bandung: KAIFA.

Jumanto. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Melalui Metode (Mind Mapping) pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sondakan No. 11 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Tidak Diterbitkan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wormeli, Rick. (2011). Meringkas Mata Pelajaran: 50 Teknik Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa. Jakarta: Erlangga.