MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS

Main Article Content

Aprisa V. Liunome
Farida Daniel
Prida N. L. Taneo

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor pendukung dalam mencapai prestasi belajar matematika. Motivasi sebagai penggerak melalui  usaha,  dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hasil observasi di SMK Teknik Anugerah Soe menunjukkan bahwa prestasi belajar matematikasiswa masih rendah. Penyebabnya yaitusiswa lebih senang bekerja mandiri, kurang berpartisipasi dalam aktivitas belajar serta kurangnya kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan pembelajaran model kooperatif tipe TPS. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan kajian tentang pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran model kooperatif tipe TPS; 2) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran model kooperatif tipe TPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif model  pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest- posttestdesign melibatkan satu kelas penelitian dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah tes berupa soal uraian, angket dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi, uji t-sampel berpasangan dan skor gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar matematika pada pembelajaran model kooperatif tipe TPS; 2)terdapat peningkatan prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran model kooperatif tipe TPS yang berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor gain 0,76.

Article Details

Section
Articles

References

Arvyaty, Maonde, F. dan Noho, N. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri dan SMA Swasta di Kota Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), (pp.26-42). Kendari: Universitas Halu Oleo.

Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V terhadap Prestasi Belajar Matematika Matematika di SDN Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), (pp.134-140). Madiun: Universitas PGRI Madiun.

Lailatul, S. (2015). Strategi Pembelajaran TPS (Think Pair Share) terhadap Motivasi Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), (pp.61-68). Sidoarjo: STKIP PGRI Sidoarjo.

Majid, A. (2013).Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, S. Y., Yerizon dan Nilawasti. (2014).Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 31 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), (pp.41-45). Padang: UNP.

Sardiman.(2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali Persada.

Sumiati dan Asra. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sutikno, P. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Mosharafa, 5(2),(pp.177-185). Garut: IPI Garut.

Widati, R. S. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I SDN I Josari Kec. Jetis Kab. Ponorogo. Jurnal Aristo, 4( 2), (pp.129-143). Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P. dan Mustafa, D. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yamin, M. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jambi: Madani.