PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT

Main Article Content

Irmina Veronika Uskono
Kristoforus Djawa Djong
Samuel Igo Leton

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengetahui keefektifan penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami pokok bahasan Bilangan Bulat pada siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan pada pra siklus dan pada setiap siklus, sedangkan tes dilakukan pada pra siklus, akhir setiap siklus dan pada akhir dari semua siklus penelitian. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terhadap data observasi dan data hasil tes, disimpulkan bahwa; rata-rata data hasil observasi maupun rata-rata data hasil tes menunjukkan adanya peningkatan. Data hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,72. Rata-rata aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,91. Rata – rata hasil tes belajar siswa pun menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,89. Dan rata-rata ketuntasan hasil tes siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan, yaitu sebesar 25,71%. Pada tes akhir, siswa yang memperoleh skor minimal 60 sebanyak 88,57%. Karena ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai, kemampuan guru mengelola pemblajaran efektif, aktivitas siswa dalam pembelajaran efektif dan respon siswa terhadap pembelajaran positif, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PMR dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami materi Bilangan Bulat di SMP kelas VII.

Article Details

Section
Articles

References

Akhsin, Nur dan Anna Yuni Astuti. 2007. Matematika Realistik Kelas VII untuk SMP dan MTs. Klaten : Intan Pariwara.

Astuti. 2018. Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No 1, Mei 2018, pp 49 – 61, E-ISSN:2579-9258.

Hadi, Sutarto, 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.

Sanjaya, H. Wina. 2009. Panelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, Robert E. 1994. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Soedjadi, R. (2001a). Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional “Realistic Mathematics Education (RME)”di Jurusan Matematika FMIPA UNESA tanggal 24 Februari 2001 (pp. 1-6).

__________. 2001b. Pembelajaran Matematika Bernuansa RME (Suatu Pemikiran Rintisan ke arah Upaya Baru). Makalah disampaikan pada Seminar Nasional tentang Pendidikan Matematika Realistik di Universitas Sanata Dharma tanggal 14-15November 2001(pp.14-20).