PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR

Main Article Content

Maria Angelina Corebima
Siprianus S Garak
Damianus D Samo

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mengujicobakan model PBL dan 1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, 2) mendeskripsikan perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, antara siswa yang mendapat PBL dan pembelajaran biasa, serta 3) mendekipsikan pengaruh interaksi model pembelajaran dan gender terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kupang dengan sampel berjumlah 70 siswa yang terdiri dari kelas Eksperimen sebanyak 35 siswa, dan kelas kontrol 35 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, n-gain, uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis dengan uji statistik t uji Anova dua jalur. Hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan; 1) Rata- rata post test kelas kontrol 59,6 lebih rendah dari rata-rata post test kelas eksprimen 68,97 yang menunjukan bahwa PBL lebih baik dari pembelajaran biasa untuk komunikasi matematis. Dilihat dari nilai n-gain atau peningkatan dari pre test ke post test, kedua kelas memiliki kategori gain yang sama yakni berada pada kategori sedang dengan peningkatan sebesar 0,61 dan 0,50 untuk kelas kontrol; 2) perbedaan gender tidak memberikan dampak yang signifikan terkait kemampuan komunikasi matematis serta tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan gender terhadap peningkatan kemampuan komunikasi siswa

Article Details

Section
Articles

References

As’ari. A. R, dkk. (2017). Buku Guru Matematika Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Herdini, R. A., Suyitno, H., & Marwoto, P. (2019). Mathematical Communication Skills Reviewed From Self-Efficacy By Using PBL Model Assisted With Manipulative Teaching Aids. Journal of Primary Education, 8(1), (pp.75-83).

Meiriyanti, M., Suhendra, S., & Nurlaelah, E. (2018). Improving Mathematical Communication Ability Through Problem Based Learning Model. International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia, 3 (pp.739-744).

Duch, B. J., Groh, S. E., &Allen, D. E. (Eds) (2001). The power of Problem-Based Learning: A Practical “How To” For Teaching Undergraduate Courses In Any Discipline. Virginia: Stylus Publishing, LLC.

NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. Reston: NCTM.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, A. (2014). Enam Puluh Delapan Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berpikir dan Disposisi Matematik dalam pembelajaran Matematika. Makalah Disajikan Dalam Seminar Pendidikan Matematika di NTT tanggal 25 Februari 2012.

Zhu, Z. (2007). Gender Differences In Mathematical Problem Solving: A Review Of Literature. International Educational Journal, 8(2).