PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Main Article Content

Elfrida Kolo
Selestina Nahak
Hermina Disnawati

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi aritmetika sosial pada siswa SMP Negeri 3 Atambua menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B1  SMP Negeri 3 Atambua pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 15 orang. Instrumen  pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing – masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, untuk proses belajar mengajar dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning   ( PBL ) hasil belajar siswa meningkat, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan kelas mencapai 60%. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan kelas meningkat menjadi 86,66%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi aritmetika sosial siswa kelas VII B1 SMP Negeri 3 Atambua.

Article Details

Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Faturrohman. 2015. Model – Model Pembelajaran. Jogjakarta : Ar – Ruzz media.
Kemendikbud 2013. Matematika SMP / MTs kelas VII. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : PT. Refika Aditama.
Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sukiman. 2013. Pengembagan Sistem Evaluasi. Yogyakarta : Insan Madani.
Supardi . Suharsimi. 2009. Penelitian tindakan kelas. Jakarta : Bumi aksara.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif ( Konsep, landasan dan Implementasinya ) pada Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Alan, F.U.., Afriansyah.A.E. 2017. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika 11 (1) hal 67 – 78.
Bungel, F. M. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada Materi Prisma. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako 2 (1) hal 45 – 54.
Caesariani, A.N. 2018. Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai 2 ( 4 ) hal 832 – 840.
Gunantara, Gd ., dkk 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD 2 (1) hal 1 – 10.
Mayasari., dkk. 2016. Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keteremapilan Abd 21?. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keimuan 2 ( 1 ) hal 48 – 55.
Prisiska, N.R., dkk. 2017. Pengembangan LKS Berbasis Problem based Learning materi Aritmetika sosial kelas VII. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 10 ( 2 ) hal 82 – 94.
Setyorini, U., dkk. 2011. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis siswa SMP. Jurnal pendidikan Fisika Indonesia 7 (1) hal 52 – 56.