Pelatihan Digital Marketing pada Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Terbuka

Main Article Content

Mujiono Mujiono
https://orcid.org/0000-0003-3541-3959
Lasando Lumban Gaol
Widiyanto Widiyanto

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan digital marketing mahasiswa Univeritas Terbuka yang memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Lokasi pelaksanaan program pengabdian berada di Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian pelatihan digital marketing menggunakan Participatory Action Research (PAR) yang dimulai dari tahap observasi, refleksi, kemudian dilanjut dengan rencana aksi dan tahap tindakan atau pelaksanaan program. Hasilnya, setelah menjalani pelatihan pembuatan website untuk pemasaran digital, mahasiswa memperoleh keunggulan dalam memasarkan produk melalui platform digital. Mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang pembuatan website, konsep pemasaran digital, Search Engine Optimization (SEO), strategi konten, dan analisis web. Pelatihan ini telah mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dan mencapai kesuksesan dalam memasarkan produk melalui platform digital. Evaluasi program pengabdian di akhir kegiatan telah menunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pemasaran digital.

Article Details

How to Cite
Mujiono, M., Gaol, L. L., & Widiyanto, W. (2024). Pelatihan Digital Marketing pada Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Terbuka. Bakti Cendana, 7(1), 30-42. https://doi.org/10.32938/bc.7.1.2024.30-42
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.