Pelatihan Digital Marketing pada Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Terbuka
DOI:
https://doi.org/10.32938/bc.7.1.2024.30-42Keywords:
Digital Marketing, Kewirausahaan Mahasiswa, Pelatihan KewirausahaanAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan digital marketing mahasiswa Univeritas Terbuka yang memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Lokasi pelaksanaan program pengabdian berada di Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian pelatihan digital marketing menggunakan Participatory Action Research (PAR) yang dimulai dari tahap observasi, refleksi, kemudian dilanjut dengan rencana aksi dan tahap tindakan atau pelaksanaan program. Hasilnya, setelah menjalani pelatihan pembuatan website untuk pemasaran digital, mahasiswa memperoleh keunggulan dalam memasarkan produk melalui platform digital. Mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang pembuatan website, konsep pemasaran digital, Search Engine Optimization (SEO), strategi konten, dan analisis web. Pelatihan ini telah mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dan mencapai kesuksesan dalam memasarkan produk melalui platform digital. Evaluasi program pengabdian di akhir kegiatan telah menunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pemasaran digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.