Pelatihan Digital Marketing pada Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Terbuka

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32938/bc.7.1.2024.30-42

Keywords:

Digital Marketing, Kewirausahaan Mahasiswa, Pelatihan Kewirausahaan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan digital marketing mahasiswa Univeritas Terbuka yang memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Lokasi pelaksanaan program pengabdian berada di Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian pelatihan digital marketing menggunakan Participatory Action Research (PAR) yang dimulai dari tahap observasi, refleksi, kemudian dilanjut dengan rencana aksi dan tahap tindakan atau pelaksanaan program. Hasilnya, setelah menjalani pelatihan pembuatan website untuk pemasaran digital, mahasiswa memperoleh keunggulan dalam memasarkan produk melalui platform digital. Mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang pembuatan website, konsep pemasaran digital, Search Engine Optimization (SEO), strategi konten, dan analisis web. Pelatihan ini telah mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dan mencapai kesuksesan dalam memasarkan produk melalui platform digital. Evaluasi program pengabdian di akhir kegiatan telah menunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pemasaran digital.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Mujiono, M., Gaol, L. L., & Widiyanto, W. (2024). Pelatihan Digital Marketing pada Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Terbuka. Bakti Cendana, 7(1), 30–42. https://doi.org/10.32938/bc.7.1.2024.30-42