Pelatihan Penggunaan Google Sites Berbasis Literasi Sains dan Keterampilan Proses Sains Bagi Guru-Guru SDI ASSALAM JADIID
DOI:
https://doi.org/10.32938/bc.8.1.2025.1-8Keywords:
Google Sites, Literasi Sains, Keterampilan Proses Sains, Sekolah DasarAbstract
Perkembangan era digital menuntut guru untuk mampu mengintergrasikan teknologi dalam kegiatan pembelajaran seperti dengan penggunaan Google Sites. Literasi sains dan keterampilan proses sains juga dibutuhkan dalam pembelajaran abad 21. Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah Pelatihan Penggunaan Google Sites berbasis literasi sains dan keterampilan proses sains bagi guru-guru SDI ASSALAM JADIID. Sasaran dari kegiatan ini adalah 10 orang guru yang merupakan mitra pengabdian. Kegiatan terdiri dari tiga tahap yaitu 1) Pemaparan materi keterampilan proses sains, 2) Pemaparan materi tentang literasi sains, 3) Pemaparan materi dan praktek penggunaan Google Sites. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan rata-rata respon peserta. Respon peserta menunjukkan hasil yang positif dimana para guru mendapatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan produk dalam pelatihan penggunaan Google Sites berbasis literasi sains dan keterampilan proses sains. Kendala dalam kegiatan ini terkait dengan keterbatasan waktu pelaksanaan.
References
Haryanti, J. (2020). Desain dan Uji Coba E-Handout Berbasis Literasi Sains Siswa Pada Materi Laju Reaksi. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.11030
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34-42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Rustaman, Nuryani Y, Soendjojo D, Suroso A Y, Yusnani A, Ruchji S, Diana R and Mimin N K 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi (Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI)
Sari, Prima Mutia, et al. (2018). Correlation Among Science Process Skill, Concept Comprehension, And Scientific Attitude On Regulation System Materials. Journal of Physics: Conference Series, 948.
https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012008
Sari, P. M, & Zulfadewina. (2018). Profile of Science Process Skill Mastery from Pre-service Elementary School Teacher. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 65-72. https://doi.org/10.1021/acs.cgd.5b00135.
https://doi.org/10.1021/acs.cgd.5b00135
Taufik, M., Sahidu, H., & Jurusan Pendidikan Fisika, H. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Web Kepada Guru IPA SMP Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 77-81.
https://doi.org/10.29303/jppm.v1i1.490
Maharani, Y. P & Prima Mutia Sari. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas III SD. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 12(2), 1-14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bakti Cendana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.








