Bimbingan Teknis (BIMTEK) Inovasi Pelayanan Publik Bagi Pemerintah Desa/Kelurahan di Kantor Kelurahan Fontein Kota Kupang
DOI:
https://doi.org/10.32938/bc.7.1.2024.83-91Keywords:
Bimbingan Teknis, Inovasi, Pelayanan PublikAbstract
Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Fontein-Kota Kupang, adalah bagian program inkubasi inovasi pelayanan publik Provinsi NTT dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Tujuannya adalah meningkatam kualitas pelayanan publik pada seluruh instansi penyelenggara pelayanan publik, termasuk Kantor Kelurahan. Metode pelaksanaan dilakukan dengan survey awal, dept interview, paparan materi, diskusi dan pendmpingan. Dalam pelaksanaan Bimtek dapat diketahui masalah mendasar dalam menciptakan inovasi pelayanan publik di Kantor Kelurahan Fontein Kota Kupang, yaitu masih rendahnya pengetahuan terkait menciptakan inovasi pelayanan publik dan ketrampilan berbasis teknologi informasi pada pegawai dan pimpinan Kantor Lurah. Sehingga kegiatan Bimtek perlu diteruskan dengan pendampingan untuk dapat terus diikuti progress atau perkembangan pengetahuan maupun ketrampilan para aparat Kantor Lurah. Oleh karena itu, kegiatan tersebut perlu dilakukan secara berkesinambungan, sehingga dapat menciptakan iklim inovasi pelayanan publik ditingkat Pemerintah Desa/Kelurahan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan terapan dari hasil penelitian inovasi pelayanan publik dengan judul “Garugiwa In Line” a Portrait of The Success of Local Wisdom Based Population Administration Service Innovation In Ende District, pada Tahun 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.