PELATIHAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK-ANAK DI RT 9 KELURAHAN BENPASI
DOI:
https://doi.org/10.32938/bc.3.2.2020.99-104Keywords:
media, gambar berseri, berbicaraAbstract
Abstrak
Media gambar berseri merupakan salah satu media yang efektif dalam pembelajaran keterampilan berbahasa di sekolah dasar dengan fokus berbicara. Media ini menyajikan gambar yang berurutan sehingga dapat menyajikan informasi yang nyata dan lengkap. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatan keterampilan berbicara menggunakan media gambar berseri pada anak-anak yang merupakan peserta didik kelas IV dan V SD yang tersebar di RT 9 Kelurahan Benpasi. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan praktik. Prosedur pelatihan keterampilan berbicara dilakukan dengan tahap 1) menjelaskan pentingnya berbicara yang baik dan benar, 2) melakukan tanya jawab, 3) memberikan waktu kepada anak-anak untuk berbicara mengenai pandemik virus corona tanpa adanya rangsangan gambar berseri, 4) menampilkan beberapa gambar berseri, 5) memberikan contoh berbicara menggunakan rangsangan gambar berseri, 6) memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berbicara menggunakan rangsangan gambar berseri; dan 7) melakukan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa media gambar dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berbicara anak. Anak-anak lebih antusias atau semangat dalam berlatih berbicara jika diberikan media gambar berseri dibandingkan dengan tanpa menggunakan media. Keterampilan berbicara anak juga meningkat dengan adanya penggunaan media gambar berseri. Dengan demikian, media gambar berseri sangat direkomendasikan kepada guru di sekolah dasar agar digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
References
Kurniawan, Khaerudin, 2015. Bahasa Indonesia Keilmuan untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Refika Aditama.
Mulyati, Yeni dan Isah Cahyani. 2015. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Rothwell, William J. dan Kazanas H. C. 1992. Mastering the Instructional Design Process: A Systematic Approach. San Fransisco: Jossey-Bass
Saddhono K dan Slamet Y. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Tarigan, Djago. 1990. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Buku 1: Modul 1-6. Jakarta: Depdikbud.
Sudrajat, Ahmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Estika, Vera dkk.2018. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Berseri di Kelas III Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Khatulistiwa. Volume 7. Nomor 5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.