PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR BAGI GURU-GURU SD BERTINGKAT NAIKOTEN
DOI:
https://doi.org/10.32938/bc.3.2.2020.78-84Keywords:
media, matematika, pembelajaran, bangun datarAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru-guru SD Bertingkat Naikoten membuat dan menggunakan media pembelajaran matematika bangun datar untuk mengatasi keterbatasan jumlah dan penggunaan media di kelas. Metode yang digunakan dalam mengatasi masalah yang dihadapi mitra adalah seminar, workshop, pendampingan, diskusi dan tanya jawab. Target khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini yaitu menghasilkan 13 paket media bangun datar untuk siswa sekolah dasar, menghasilkan modul petunjuk pembuatan media pembelajaran matematika dan modul petunjuk penggunaan media pembelajaran matematika.
References
Amsikan, Stanislaus dan Deda, Y. N. 2018. Memanfaatkan Potensi Lokal Kefamenanu dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kreatiifitas Guru SMP. Ethos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1); 32-40
Deda, Y. N. dan Disnawati, Hermina. 2019. Workshop Media Alat Peraga Matematika “Luas Bangun Datar” untuk Meningkatkan Kreatifitas Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Ethos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1); 67 -72
Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Deepublish
Riyana, Cepi. 2012. Media Pembejaran. Jakarta Pusat : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI
Sumardjan. 2017. Desain Pembelajaran MTK SD Menyenangkan. Semarang : Formaci Press
Yayuk, Erna. 2019. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prenamedia Grup
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.