Pemanfaatan Produk Unggulan Ber-HKI Bidang Literasi Dan Numerasi Bahasa Arab Bagi Guru Di Sekolah Indonesia Riyadh (SIR)

Authors

  • Muhammad Alfan Universitas Negeri Malang
  • Mochammad Rizal Ramadhan Universitas Negeri Malang
  • Nur Anisah Ridwan Universitas Negeri Malang
  • Laily Maziyah Universitas Negeri Malang
  • Paundra Wangsa Fajar Utama Universitas Negeri Malang
  • Moh. Sahru Romadhon Universitas Negeri Malang
  • Badrus Sholeh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32938/bc.8.2.2025.193-205

Keywords:

Literasi, Numerasi, Bahasa Arab, Hak Kekayaan Intelektual

Abstract

Program pengabdian Gelar Karya Inovasi dan Pelatihan Pemanfaatan Ragam Produk Unggulan Ber-HKI di Bidang Literasi dan Numerasi Bahasa Arab bagi Guru di Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) Arab Saudi bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab melalui pendekatan interaktif. Kegiatan ini meliputi pameran dan pelatihan pemanfaatan produk unggulan ber-HKI, seperti media pembelajaran berbasis permainan dan lagu dalam Bahasa Arab. Selain meningkatkan minat siswa, kegiatan ini memberikan pengetahuan baru bagi guru mengenai teknik pengajaran kreatif untuk menciptakan suasana belajar yang dinamis dan menyenangkan. Pendekatan ini berhasil menarik perhatian dan antusiasme siswa sehingga pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih ringan dan menyenangkan. Diskusi antara tim UM, guru, serta mahasiswa dari berbagai universitas memperkaya program dengan berbagi pandangan dan pengalaman tentang inovasi pembelajaran, termasuk prosedur perlindungan HKI dalam dunia pendidikan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program pengabdian ini berperan penting dalam membangun jejaring internasional, membuka peluang kerja sama yang lebih luas, serta memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan pembelajaran literasi dan numerasi Bahasa Arab di luar negeri

Author Biographies

Mochammad Rizal Ramadhan, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Bahasa Arab

Nur Anisah Ridwan, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Bahasa Arab

Laily Maziyah, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Bahasa Arab

Paundra Wangsa Fajar Utama, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Sejarah

Moh. Sahru Romadhon, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Bahasa Arab

Badrus Sholeh, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Departemen Hubungan Internasional

References

Adawiyah, Y. R., Dini, A., Hasanah, L. F., & Kholifah, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Arab Melalui Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa Pba Madin Universitas Nurul Jadid. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1534-1539. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8095

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8095

Al Qurtuby, S. (2021). Saudi Arabia and Indonesian Networks: On Islamic and Muslim Scholars. ISLAM NUSANTARA:Journal for the Study of Islamic History and Culture, 3(1), 17-44. https://doi.org/10.47776/islamnusantara.v3i1.118

https://doi.org/10.47776/islamnusantara.v3i1.118

Alfan, M. (2019). Mengeksplorasi Penggunaan Media Creative Board Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab: Kreatifitas Dan Inovasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia, 377-388. https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/viewFile/506/465

Desrani, A., Ritonga, A. W., & Mela, D. A. (2022). Strategi Penguatan Keterampilan Berbahasa Arab Siswa Sekolah Dasar Berbasis Tahfizh Qur'an. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 160-176. https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2825

https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2825

Fitriani, F., Sarilah, & Ridlo, M. R. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Blanded Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemandirian. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(1), 102-109. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i1.19858

Hapsah, S. P., Rinaldy, R., Wijaya, A. S., Santika, R., & Prahitaningtyas, S. (2023). Analisis Hak Kekayaan Intelektual pada Pengembangan Teknologi Pendidikan. Journal of Economics and Business UBS, 12(4), 2596-2604. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i4.500

https://doi.org/10.52644/joeb.v12i4.500

Maghfur, M. (2022). Teori Operant Conditioning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Dan Bahasa Arab. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(1), 139-158. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3938

Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2251-2260. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3267

https://doi.org/10.55719/jt.v6i1.222

Nidia, E., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Dampak Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Penghafal Al-Qur'an. Jurnal Basicedu, 6(4), 6012-6022. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3132

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3132

Nuruddin, N., Budiaman, B., Ilham, A., & Arifin, A. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Indonesia Luar Negeri dengan Model Materi Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Multikultural. An Nabighoh, 24(2), 171-184. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i2.5790

https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i2.5790

Rachmawati, R. A., & Husin, H. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Di Panti Asuhan Nurul Jannah. Berajah Journal, 2(2), 223-230. https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.81

https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.81

Rafsanjani, H., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Problematika Mahasiswa dalam Manajemen Skill Berbahasa Arab pada Perguruan Tinggi di Kalimantan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5166-5180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3072

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3072

Sekolah Indonesia Riyadh. (2024). Sejarah Sekolah Indonesia Riyadh. Sekolah Indonesia Riyadh. https://siriyadh.sch.id/sejarah/

Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, I. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya. MANGGALI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 46-57. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547

https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547

Wahid, M. (2024). Jembatan Budaya dan Bisnis: Memanfaatkan Pesona Kaligrafi dalam Ekonomi Kreatif. Waralaba : Journal of Economics and Business, 1(1), 53-61. https://doi.org/https://doi.org/10.61590/waralaba.v1i1.129

https://doi.org/10.61590/waralaba.v1i1.129

Zuhri, A. F., & Sholeh, B. (2024). Indonesian Cultural Diplomacy: The Role of Indonesian Schools in Saudi Arabia. International Journal of Basic Educational Research, 1(1), 29-36. https://doi.org/10.14421/ijber.2024.11-03

https://doi.org/10.14421/ijber.2024.11-03

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Alfan, M., Rizal Ramadhan, M., Anisah Ridwan, N., Maziyah, L., Fajar Utama, P. W., Sahru Romadhon, M., & Sholeh, B. (2025). Pemanfaatan Produk Unggulan Ber-HKI Bidang Literasi Dan Numerasi Bahasa Arab Bagi Guru Di Sekolah Indonesia Riyadh (SIR). Bakti Cendana, 8(2), 193–205. https://doi.org/10.32938/bc.8.2.2025.193-205

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.