Pemanfaatan Produk Unggulan Ber-HKI Bidang Literasi Dan Numerasi Bahasa Arab Bagi Guru Di Sekolah Indonesia Riyadh (SIR)
DOI:
https://doi.org/10.32938/bc.8.2.2025.193-205Keywords:
Literasi, Numerasi, Bahasa Arab, Hak Kekayaan IntelektualAbstract
Program pengabdian Gelar Karya Inovasi dan Pelatihan Pemanfaatan Ragam Produk Unggulan Ber-HKI di Bidang Literasi dan Numerasi Bahasa Arab bagi Guru di Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) Arab Saudi bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab melalui pendekatan interaktif. Kegiatan ini meliputi pameran dan pelatihan pemanfaatan produk unggulan ber-HKI, seperti media pembelajaran berbasis permainan dan lagu dalam Bahasa Arab. Selain meningkatkan minat siswa, kegiatan ini memberikan pengetahuan baru bagi guru mengenai teknik pengajaran kreatif untuk menciptakan suasana belajar yang dinamis dan menyenangkan. Pendekatan ini berhasil menarik perhatian dan antusiasme siswa sehingga pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih ringan dan menyenangkan. Diskusi antara tim UM, guru, serta mahasiswa dari berbagai universitas memperkaya program dengan berbagi pandangan dan pengalaman tentang inovasi pembelajaran, termasuk prosedur perlindungan HKI dalam dunia pendidikan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program pengabdian ini berperan penting dalam membangun jejaring internasional, membuka peluang kerja sama yang lebih luas, serta memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan pembelajaran literasi dan numerasi Bahasa Arab di luar negeri
References
Adawiyah, Y. R., Dini, A., Hasanah, L. F., & Kholifah, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Arab Melalui Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa Pba Madin Universitas Nurul Jadid. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1534-1539. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8095
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8095
Al Qurtuby, S. (2021). Saudi Arabia and Indonesian Networks: On Islamic and Muslim Scholars. ISLAM NUSANTARA:Journal for the Study of Islamic History and Culture, 3(1), 17-44. https://doi.org/10.47776/islamnusantara.v3i1.118
https://doi.org/10.47776/islamnusantara.v3i1.118
Alfan, M. (2019). Mengeksplorasi Penggunaan Media Creative Board Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab: Kreatifitas Dan Inovasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia, 377-388. https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/viewFile/506/465
Desrani, A., Ritonga, A. W., & Mela, D. A. (2022). Strategi Penguatan Keterampilan Berbahasa Arab Siswa Sekolah Dasar Berbasis Tahfizh Qur'an. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 160-176. https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2825
https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2825
Fitriani, F., Sarilah, & Ridlo, M. R. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Blanded Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemandirian. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(1), 102-109. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i1.19858
Hapsah, S. P., Rinaldy, R., Wijaya, A. S., Santika, R., & Prahitaningtyas, S. (2023). Analisis Hak Kekayaan Intelektual pada Pengembangan Teknologi Pendidikan. Journal of Economics and Business UBS, 12(4), 2596-2604. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i4.500
https://doi.org/10.52644/joeb.v12i4.500
Maghfur, M. (2022). Teori Operant Conditioning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Dan Bahasa Arab. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(1), 139-158. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3938
Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2251-2260. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3267
https://doi.org/10.55719/jt.v6i1.222
Nidia, E., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Dampak Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Penghafal Al-Qur'an. Jurnal Basicedu, 6(4), 6012-6022. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3132
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3132
Nuruddin, N., Budiaman, B., Ilham, A., & Arifin, A. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Indonesia Luar Negeri dengan Model Materi Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Multikultural. An Nabighoh, 24(2), 171-184. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i2.5790
https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i2.5790
Rachmawati, R. A., & Husin, H. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Di Panti Asuhan Nurul Jannah. Berajah Journal, 2(2), 223-230. https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.81
https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.81
Rafsanjani, H., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Problematika Mahasiswa dalam Manajemen Skill Berbahasa Arab pada Perguruan Tinggi di Kalimantan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5166-5180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3072
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3072
Sekolah Indonesia Riyadh. (2024). Sejarah Sekolah Indonesia Riyadh. Sekolah Indonesia Riyadh. https://siriyadh.sch.id/sejarah/
Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, I. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya. MANGGALI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 46-57. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547
https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547
Wahid, M. (2024). Jembatan Budaya dan Bisnis: Memanfaatkan Pesona Kaligrafi dalam Ekonomi Kreatif. Waralaba : Journal of Economics and Business, 1(1), 53-61. https://doi.org/https://doi.org/10.61590/waralaba.v1i1.129
https://doi.org/10.61590/waralaba.v1i1.129
Zuhri, A. F., & Sholeh, B. (2024). Indonesian Cultural Diplomacy: The Role of Indonesian Schools in Saudi Arabia. International Journal of Basic Educational Research, 1(1), 29-36. https://doi.org/10.14421/ijber.2024.11-03
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bakti Cendana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.








