PELATIHAN MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF DAN KONSTRUKTIF UNTUK GURU MATEMATIKA SMP

Authors

  • Muhammad Ridlo Yuwono Universitas Widya Dharma Klaten
  • Tasari Tasari Universitas Widya Dharma Klaten
  • Septiana Wijayanti Universitas Widya Dharma Klaten
  • I Wayan Angga Wijaya Kusuma Universitas Widya Dharma Klaten
  • Doni Setyawan
  • Syams Kurniawan Hidayat

DOI:

https://doi.org/10.32938/bc.4.1.2021.13-19

Keywords:

interaktif; konstruktif; pelatihan; video pembelajaran.

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melatih guru-guru matematika SMP di Kabupaten Klaten supaya dapat membuat dan mengembangkan video pembelajaran matematika yang interaktif dan konstruktif. Tim pengabdian mengajak kerja sama MGMP Matematika Kabupaten Klaten untuk melaksanakan kegiatan ini. Berdasarkan hasil suvei awal diperoleh bahwa masih sedikit guru matematika yang belum memanfaatkan dan mengembangkan video pembelajaran sebagai media pembelajaran yang interaktif dan konstruktif. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan yang dilaksanakan secara tatap muka dan secara online melalui aplikasi Google Meet. Pertemuan I dilaksanakan secara tatap muka pada tanggal 5 Agustus 2020 di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Widya Dharma Klaten. Pertemuan II, III dan IV dilaksanakan secara online pada 12, 19 dan 26 Agustus 2020. Kesimpulan dari kegiatan pelatihan ini adalah peserta dapat membuat dan mengembangkan video pembelajaran matematika yang interaktif dan konstruktif.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. 2018. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426

Ekawati, R., Manuharawati, M., Palupi, E. L. W., & Fardah, D. K. 2016. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Melalui Video-Based Stud. Jurnal ABDI, 1(2), 134. https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p130-134

Krisna, F. P. P., & Marga, M. H. P. 2018. Pemanfaatan Video Untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Kontekstual Pada Topik Aljabar | Krisna | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 400–405. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2354

Mertha, I. G., Rahayu, S., & Lestari, N. 2019. Workshop Teknik Pembuatan Video Pembelajaran Pada Guru-Guru SMP N 1 Gunungsari Lombok Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–5. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/990

Saman, S., Ma’rufi, M., & Tiro, A. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika. PEDAGOGY, 4(1), 1–12. http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/1426

Suryansah, T., & Suwarjo, S. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 221. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Yuwono, M. R., Tasari, T., Wijayanti, S., Kusuma, I. W. A. W., Setyawan, D., & Hidayat, S. K. (2021). PELATIHAN MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF DAN KONSTRUKTIF UNTUK GURU MATEMATIKA SMP. Bakti Cendana, 4(1), 13–19. https://doi.org/10.32938/bc.4.1.2021.13-19