PERMAINAN SAINS BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH SMP SWASTA GITA SURYA DAN SMA NEGERI 1 EBAN KECAMATAN MIOMAFO BARAT KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA
Main Article Content
Abstract
Community service was held on November 17, 2018 at Gita Surya Private Middle School and Eban 1 Public High School. The material for the dedication of science games is fruit electricity, electrolyte solution, caramelization of sugar, magic money, electric magnets, differences in air pressure, floating and floating floating events, volcanic eruptions, mothballs moving in water, natural acid-base indicators. Science demonstration activities carried out with methods of performance, lectures and discussions. Students interact actively, not rigidly, energetically marked by the number of questions that arise, and students are very enthusiastic in answering questions given by the service team and the high interest of students to be involved in the practice of science demonstrations.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor.
Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.
References
Marlina, 2016, Manajemen Laboratorium Kimia, Jurnal Manajer Pendidikan, Vol. 10, No. 4, 374-380
Ndraha, I., M., Sukardiyono, 2017, Perbedaan Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains antara Peserta Didik yang Mengikuti Pembelajaran melalui Metode Demonstrasi dengan Metode Eksperimen pada Materi Pengukuran Besaran Panjang, Massa dan Waktu, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 6, No. 1, 9 -14
Rahman, D., Adlim, Mustanir, 2015, Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadapPelaksanaanPraktikum Kimia pada SLTA Negeri KabupatenAceh Besar, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 03, No.02, 01-13
Sayekti, I., C.,A., M.,Kinasih, 2017, Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, 97 - 105
Subrata, 2016, Penerapan Metode Demonstrasi pada Materi Asam Basa Garam Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal scientia Indonesia, Vol.1, No.1, 37 – 44.
Tim Konsultan Kimia FPTK UPI, 2004, CARA MENATA ALAT DAN BAHAN DI LABORATORIUM KIMIA, Direktrorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kejuruan : Jakarta.
Wajdi, B., Hizbi T., 2016, Penerepan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Berbasis Observasi Gejala Fisis ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa pada Pembelajaran IPA, Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, Vol. IV, No. 2, 100 - 110.