PERMAINAN SAINS BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH SMP SWASTA GITA SURYA DAN SMA NEGERI 1 EBAN KECAMATAN MIOMAFO BARAT KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Authors

  • Sefrinus M.D. Kolo Universitas Timor
  • Yohana Ivana Kedang Universitas Timor
  • Maria M Kolo Universitas Timor
  • Jefry Presson Universitas Timor
  • Elisabeth Korbafo Universitas Timor
  • Eduardus Edi Universitas Timor
  • Noviana M Oebenu Universitas Timor
  • Regina Seran Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/bc.2.1.2019.13-22

Abstract

Community service was held on November 17, 2018 at Gita Surya Private Middle School and Eban 1 Public High School. The material for the dedication of science games is fruit electricity, electrolyte solution, caramelization of sugar, magic money, electric magnets, differences in air pressure, floating and floating floating events, volcanic eruptions, mothballs moving in water, natural acid-base indicators. Science demonstration activities carried out with methods of performance, lectures and discussions. Students interact actively, not rigidly, energetically marked by the number of questions that arise, and students are very enthusiastic in answering questions given by the service team and the high interest of students to be involved in the practice of science demonstrations.

References

Erlinda, 2017, Penerapan Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa terhadap Pelajaran IPA di Sekolah Dasar,Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, Vol.3 No.3, 585 – 593

Marlina, 2016, Manajemen Laboratorium Kimia, Jurnal Manajer Pendidikan, Vol. 10, No. 4, 374-380

Ndraha, I., M., Sukardiyono, 2017, Perbedaan Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains antara Peserta Didik yang Mengikuti Pembelajaran melalui Metode Demonstrasi dengan Metode Eksperimen pada Materi Pengukuran Besaran Panjang, Massa dan Waktu, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 6, No. 1, 9 -14

Rahman, D., Adlim, Mustanir, 2015, Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadapPelaksanaanPraktikum Kimia pada SLTA Negeri KabupatenAceh Besar, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 03, No.02, 01-13

Sayekti, I., C.,A., M.,Kinasih, 2017, Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, 97 - 105

Subrata, 2016, Penerapan Metode Demonstrasi pada Materi Asam Basa Garam Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal scientia Indonesia, Vol.1, No.1, 37 – 44.

Tim Konsultan Kimia FPTK UPI, 2004, CARA MENATA ALAT DAN BAHAN DI LABORATORIUM KIMIA, Direktrorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kejuruan : Jakarta.

Wajdi, B., Hizbi T., 2016, Penerepan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Berbasis Observasi Gejala Fisis ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa pada Pembelajaran IPA, Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, Vol. IV, No. 2, 100 - 110.

Published

2019-09-13

How to Cite

Kolo, S. M., Kedang, Y. I., Kolo, M. M., Presson, J., Korbafo, E., Edi, E., … Seran, R. (2019). PERMAINAN SAINS BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH SMP SWASTA GITA SURYA DAN SMA NEGERI 1 EBAN KECAMATAN MIOMAFO BARAT KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. Bakti Cendana, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.32938/bc.2.1.2019.13-22

Most read articles by the same author(s)