Analisis Antrian Pada Loket Pembayaran Di Kcs Mart Kefamenanu

Main Article Content

SELVIANA HOAR
Fried Markus Allung Blegur
Oktovianus R. Sikas
Eva Binsasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat rata-rata kedatangan pelanggan dan tingkat rata-rata pelayanan di KCS Mart Kefamenanu, serta untuk menentukan model antrian yang optimal pada loket pembayaran di KCS Mart Kefamenanu. Model antrian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model antrian jalur tunggal. Pengambilan data selama 7 hari kerja, pada tanggal 30 November - 06 Desember 2022, pukul 15.00 - 20.00 WITA. Data yang diambil adalah waktu antar kedatangan pelanggan dan lamanya pelayanan terhadap setiap pelanggan pada Loket Pembayaran di KCS Mart Kefamenanu. Berdasarkan pengumpulan data di lapangan maka diperoleh jumlah kedatangan pelanggan selama 7 hari pengamatan yaitu, loket pembayaran 1 sebanyak 590 pelanggan dengan rata-rata λ=17, dan loket pembayaran 2 sebanyak 242 pelanggan dengan rata-rata λ=28. Rata-rata waktu pelayanan terhadap pelanggan yang dilayani atau μ untuk kasir 1 sebesar 27 dan μ untuk kasir 2 sebesar 49.

Article Details

How to Cite
HOAR, S., Allung Blegur, F. M., Sikas, O. R., & Binsasi, E. (2023). Analisis Antrian Pada Loket Pembayaran Di Kcs Mart Kefamenanu. Journal of Mathematics Theory and Applications, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.32938/j-math2120238 - 18
Section
Articles