Saluran Pemasaran Usaha Ternak Ayam Broiler di PT. Mitra Sinar Jaya, Desa Nggolombay, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo

Authors

  • Wensislaus Arman Ndau Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Paulus Every Sudirman Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Hendrikus Demon Tukan Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Nautus Stivano Dalle Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Kasmir Kasmir Gon Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Sandriana Midan , Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.32938/ja.v8i3.4116

Keywords:

Ayam Broiler, Saluran Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pola saluran pemasaran ayam broiler di PT. Mitra Sinar Jaya, Desa Nggolombay, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo dan 2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan saluran pemasaran ayam broiler di PT. Mitra Sinar Jaya, Desa Nggolombay, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagkekeo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif berupa mengumpulkan, mengklasifikasi, menganalisis, dan menginterprestasikan data sehingga dapat memberikan informasi yang jelas mengenai masalah yang dihadapi dalam perusahan. Analisis deskriptif juga menerangkan atau menjelaskan setiap pola saluran pemasaran dengan mengelompokan setiap bentuk saluran pemasaran yang ada. Hasil penelitian mengenai saluran pemasaran usaha ayam broiler di PT. Mitra Sinar Jaya menunjukkan bahwa pola saluran pemasarannya terdiri dari pola saluran I yakni perusahan, supplier, dan konsumen serta pola saluran II meliputi perusahan, supplier serta pedagang pengumpul yang di sisi lain juga sebagai pedagang pengencer dan konsumen. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan saluran pemasaran pada PT. Mitra Sinar Jaya mencakupi faktor pertimbangan pasar, pertimbangan barang, pertimbangan perusahaan, dan pertimbangan perantara.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Ndau, W. A., Sudirman, P. E., Tukan, H. D., Dalle, N. S., Gon, K. K., & Midan, S. (2023). Saluran Pemasaran Usaha Ternak Ayam Broiler di PT. Mitra Sinar Jaya, Desa Nggolombay, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo. JAS, 8(3), 77–82. https://doi.org/10.32938/ja.v8i3.4116