Analisis Kualitas Pelayanan pada Cafe Zona Drink terhadap Kepuasan Konsumen Ayam Geprek di Kota Ruteng
DOI:
https://doi.org/10.32938/ja.v10i1.8550Keywords:
Pelayanan , Kepuasan Konsumen, Cafe Zona DrinkAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen ayam geprek berdasarkan kualitas pelayanan yang diberikan para karyawan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d Agustus 2024 di Cafe Zona Drink kota Ruteng-Manggarai. Metode yang digunakan adalah survey, dengan melakukan wawancara langsung terhadap konsumen yang datang ke lokasi penelitian menggunakan alat bantu kuisioner. Penentuan responden dilakukan dengan metode accidental sampling, yaitu metode pengambilan sampel yang dilakukan secara acak pada responden yang datang berkunjung. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji regresi linear berganda untuk menggambarkan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen/pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen yang berkunjung dan menikmati menu makanan di Cafe Zona Drink Ruteng didominasi oleh pengunjung dengan tingkat umur antara 26-32 tahun (40%), berpendidikan sarjana (S1) (48%), pekerjaan sebagai PNS/TNI/Polri (52%), dan memiliki tingkat pendapatan pada kisaran Rp 1.500.000,- hingga kurang dari Rp 2.000.000,- per bulan (45%). Dari lima variabel pengukuran kualitas pelayanan yang memengaruhi tingkat kepuasan konsumen/penlanggan adalah variabel bukti fisik, variabel keandalan dan variabel perhatian yang dominan memengaruhi kepuasan konsumen/pelanggan.
References
Baihaqi, M., & Aditia, E.I., 2020. Efisiensi dan Nilai Ekonomi Daging Sapi Untuk Potongan Pasar Tradisional Berdasarkan Potongan Komersial yang Berbeda. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan. 08(2): 86-90. https://dx.doi.org/10.29244/jipthp.8.2.86-90.
Hartono, B., & Utami, H.D. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Membeli Produk Susu Pasteurisasi Kabupaten Kudus. Buletin Peternakan. 34(2): 123–130.
Fitriani, N., & Octora, M. 2021. Perilaku Konsumen Rumah Makan Cepat Saji Studi Kasus di Rocket Chiken Cabang Diponegoro dan KFC Metos Palangka Raya. Sosiologi. 4(2): 96–102.
Huang, T.L., & Rust, R.T. 2017. Customer Experience in Service: A Literature Review. Journal of Service Research. 20(4): 512-529.
Homburg, C., Wieseke, J., & Hoyer, W.D. 2017. Customer Satisfaction in Business Markets: A Multi-Method Study. Journal of Marketing Research. 54(1): 5-19.
Insan, I.A., & Ramli. 2019. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Cepat Saji Pada Kentucky Fried Chicken MTOS di Makassar. Brand. 1(2): 1–8.
Ismanto, A., Julianda, T., & Mursidah. 2018. Analisis Sikap Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Produk Karkas Ayam Pedaging Segar di Pasar Tradisional Kota Samarinda. Ilmu Peternakan dan Veteriner Tropis. 8(2): 71–82.
Kotler, P. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. 2018. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kumar, V., & Reinartz, W. 2016. Creating Enduring Customer Value. Journal of Marketing. 80(6): 36-68.
Lee, J., & Back, K.J. 2019. The Impact of Customer Experience on Loyalty: The Role of Satisfaction and Trust. International Journal of Hospitality Management. 83: 165-175.
Lovelock, C., & Wright, L. 2002. Principles of Service Marketing and Management. Pennsylvania State University: Prentice Hall.
Malthouse, E.C., Haenlein, M., Skiera, B., & Weger, M. 2013. Managing Customer Relationships in the Digital Age. Journal of Interactive Marketing. 27(4): 270-276.
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., & Berry, L. L. 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. 64(1): 12-40.
Repi, M.M.P., Mangindaan, J.V., & Keles, D. 2021. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Siap Saji di KFC Tomohon. Productivity. 2(2): 158–162.
Sikone, H.Y., Nugraha, E.Y., & Bouk, G. 2024. Analisis Pilihan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Daging Ayam Broiler di Kota Kefamenanu. JAS. 9(1): 37–43.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. ANDI: Yogyakarta.
Winatha, A., & Kambolong, M. 2018. Perilaku Konsumen Rumah Makan Kampung Empang di Kota Kendari. Business UHO. 3(1): 1–15.
Yansah, R.A., Hartono, B., & Hariyono, M. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten di Malang. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan. 23(1): 30–34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hilarius Yosef Sikone

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal is committed to free-open access that does not charge readers or their institutions for access. Readers are entitled to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of articles, as long as not for commercial purposes. The license type is CC BY-NC 4.0.







.png)
.jpg)
