KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS NUNPENE KECAMATAN MIOMAFFO TIMUR KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Authors

  • Anisetus Risaldo Lake Universitas Timor
  • Wilfridus Taus Universitas Timor
  • Dimas Agustian Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jan.v7i2.9991

Keywords:

Kualitas pelayanan, Puskesmas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Nunpene berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan menurut teori Zeithaml, Parasuraman dan Berry, yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tangibles atau fasilitas fisik Puskesmas sudah cukup baik, namun masih ada kekurangan pada sarana tertentu seperti ruang persalinan dan farmasi; (2) Reliability atau keandalan petugas masih belum konsisten, terlihat dari adanya keterlambatan dan kurangnya ketelitian dalam pelayanan; (3) Responsiveness masih belum optimal, terutama dalam kecepatan pelayanan dan respon terhadap pasien yang menggunakan jaminan kesehatan seperti Jamkesmas; (4) Assurance menunjukkan bahwa masih terdapat kesenjangan antara pelayanan terhadap pasien umum dan pasien BPJS/Jamkesmas; dan (5) Empathy menunjukkan sikap tenaga kesehatan yang beragam, ada yang ramah namun sebagian lainnya kurang tanggap dan diskriminatif. Penelitian ini merekomendasikan agar Puskesmas Nunpene meningkatkan pelatihan bagi tenaga kesehatan, memperbaiki sistem pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pasien, serta memastikan implementasi SOP secara merata pada semua jenis pelayanan

References

Aswar. 1996, Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: PT. Bina Rupa Askara.

--------, 1996 Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta: Pustaka Sinar. Harapan.

--------, 2001. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Botha, Hendrikus Hironimus (2020). Kualitas Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta (Reliability, Accessibility, Comfortabel, Competence, Assurance, dan Tangibel). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(1), 53-67. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i1.2463

Denzim, Lincoln. 1987. Strategi Untuk Memberikan Pelayanan Bermutu, Bina rupa akzara. Jakarta

Denzin, Norman K. dan Lincoln, Yvonna S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Gibzon. 2005. Organisasi, Perilaku, Struktur Proses, Airlangga. Jakarta

H.A. Moenir. 1997. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Milenium. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta

Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Cetakan keempat. Jakarta. Bumi Aksara

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong J. Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nursalam. 2011. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba empat

Richard West dan Lynn H. Turner, 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis

dan Aplikasi, Jakarta: Salemba Humanika

Sanapiah Azis. 2000. Pelayanan yang Berorientasi Kepada Kepuasan Masyarakat. Salemba Empat, Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningsih. 2005. The Relationships Among Customer Value, Satisfaction And Behavioral Intention, Gadjahmada International. Jurnal of Business, Vol. 7, p.301-323.

Depkes RI (2004): Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Nasional.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan

Undang-Undang Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas

Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Lake, A. R., Taus, W., & Agustian, D. (2025). KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS NUNPENE KECAMATAN MIOMAFFO TIMUR KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. JianE (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 7(2), 104–116. https://doi.org/10.32938/jan.v7i2.9991

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.