PENGARUH GAYA HIDUP, COUNTRY OF ORIGIN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA

Main Article Content

Elisabeth Binabu
Dominikus Kopong Duli
Desmon Redikson Manane

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan pengaruh  simultan antara variabel Gaya Hidup (X1), Country Of Origin (X2) dan Citra Merek (X₃) terhadap Keputusan Pembelian (Y) Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Pengguna Sepeda Motor Honda di Kota Kefamenanu). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada 85 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software microsoft excel dan SPSS 16.0 dengan hasil analisis sebagai berikut. Hasil analisis regresi linear sederhana membuktikan bahwa secara parsial Gaya Hidup (X1), Country Of Origin (X2), Citra Merek (X₃) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). sedangkan hasil analisis regresi linear berganda membuktikan bahwa Gaya Hidup (X1), Country Of Origin (X2) dan Citra Merek (X₃) secara simultan berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y).

Article Details

How to Cite
Binabu, E., Duli, D. K., & Manane, D. R. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP, COUNTRY OF ORIGIN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(3), 208–215. https://doi.org/10.32938/ie.v5i3.5471
Section
Articles

References

Asnawi, Aisah dan James Huwae. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawasaki Ninja di Kota Ambon.
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Cateora, P. R., & Graham, J. L. (2007). Pemasaran Internasional Edisi 13 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Demirbag et al. (2010). Country Image and Consumer Preference for Emerging Economy Products: The Moderating Role of Consumer Materialism. “International Marketing Review, 27 (2), 141-163.
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
. 2012. Metode Penelitian Manajemen. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Hermawati, Rofiqoh. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Beat di Moderasi Citra Merek Dalam Perspektif Bisnis Islam (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Honda Beat di Kota Bandar Lampung).
Hong, Sung-Tai and Robert S. Wyer (1989), "Effects of Country-of-Origin and Product-Attribute Information on Product Evaluation: An Information Processing Perspective," Journal of Consumer Research, 16 (September), 175-187.
Karismawati, Dara, Abdul Salam dan Fendy Maradita. (2019). Pengaruh Country Of Origin dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Beat di Kota Sumbawa.
Kanuk., Schiffman., dalam Sulistian., Ogi (2011 : 33). Faktor-faktor pembentuk citra merek.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga
. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kuncoro, Mudrajat. 2011. Metode Kuantitatif. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen: YKPN.
Lee, D. and Ganesh, G. (1999), “Effects of partitioned country image in the context of brand image and familiarity”, International Marketing Review, Vol. 16 No. 1, pp. 18-39.
Listiana, Erna. 2013. Pengaruh Country of Origin Terhadap Perceived Quality dengan Moderasi Etnosentris Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 8 (1).
Lusk, J.L., Brown, J., Mark, T., Proseku, I., Thompson, R. & Welsh, J. 2006. Consumer Behavior, Public Policy, and Country-of-Origin Labeling. Review of Agricultural Economics, Vol. 28 No. 2.
Martono, Nanang. 2015.Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Manane, Desmon Redikson; Taolin, Maximus L. ;Babulu, N.L. (2022) ‘THE INFLUENCE OF LABOR , CAPITAL , AND MANAGEMENT ON THE PRODUCTIVITY OF IMKM ASSISTED BY THE DINAS PERINDUSTRIAN’, 11(03), pp. 686–691.
Nugraheni. (2011). Perbedaan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja Ditinjau Dari Lokasi Tempat Tinggal. Jurnal Psikologi. 3 (1), 24.
Pratama, Willy. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Merek Scoopy (Studi Kasus Pada Mahasisiwa Fakultas Ekonomi UMSU).
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang kreatif & Analisis kasus – Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Ruhjatini, D., Irawan, B., & Dimyati, M. (2014). Analisis Komparatif Pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Merek Asli dan Tiruan. Relasi: Jurnal Ekonomi, 19(2), 125–148.
S, Rizka Fajrina dan Engga Jalaludin. (2023). Pengaruh Word Of Mouth, Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Honda di Jakarta.
Saraputra, I Made Widya dan I Gede Ketut Warmika. (2017). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Niat Pembelian Sepeda Motor Sport Honda Yang Dimediasi Oleh Sikap di Kota Denpasar.
Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.
Shofwan, Thoriq, Lina Aryani dan Heni Nastiti. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Beat di Depok.
SIDIK, WAHYUDIN. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Beat di Moderasi Citra Merek Dalam Perspektif Bisnis Islam (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Honda Beat di Kota Bandar Lampung).
Somantri, Ating dan Sambas Ali Muhidin, 2006. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Srikatanyoo, N., & Gnoth, J. (2002). Country Image and International Tertiary Education. Journal of Brand Management, 10(2), 139-146.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. (2002). Metode Penelitian Administrasi RdD, Bandung: Alfabeta
Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Caps.
Suparyanto, R. W. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: in Media.
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.
TAJUDDIN. (2021). Pengaruh Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Vespa Matic Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi.Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang: UNDIP.
. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS” Edisi Sembilan.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Umar, Husein. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>