PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Mohammad Soedarman STIE Malangkucecwara
  • Margaretha Yetria Putri STIE Malangkucecwara
  • Lailatus Sa'adah STIE Malangkucecwara Malang
Keywords: Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Company Value, Profitability

Abstract

This research aims to determine the influence of Corporate Social Responsibility and Good Corporate Governance on company value with profitability as a moderating variable in telecommunications companies that are listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) in the 2019-2021 period. The data used in this research is secondary data. Research data analysis uses Partial Least Square (PLS) using a structural model (Inner Model). The independent variables in this research are Corporate Social Responsibility and Good Corporate Governance, the dependent variable in this research is company value. Using the purposive sampling method as a sampling technique, with a population of 19 companies. In this research, 15 telecommunication companies were used as samples. The results of this research show that: (1) CSR has no effect on company value, (2) GCG has a significant effect on company value, (3) profitability cannot moderate the relationship between CSR and company value, (4) Profitability cannot moderate the relationship between GCG and value company.

References

Adilla, M. (2021). Penngaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Sumatera Utara: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

CNN INDONESIA. (2021, April). Survei: Pandemi Covid-19 Ubah Mindset dalam Bekerja.

Fathina, H. (2022, November). Apa itu CSR? Ini Aturan, Jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya. Bisnis.Com, 212.

hasanah, S. anisah. M. S. A. P. . (2019). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profibalitas Sebagai Variabel Moderating. Publikasi Ilmiah Akuntansi, 1(1), 1282–1292.

Kalsum, U. (2020). Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. AkMen JURNAL ILMIAH, 17(4), 607–618. https://doi.org/10.37476/akmen.v17i4.1188

Luan, O. B., & Manane, D. R. (2021). ANALISIS KINERJA KEUANGAN DITINJAU DARI RASIO AKTIVITAS DAN RASIO PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA PT GUDANG GARAM Tbk). Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(4), 37–45. https://doi.org/10.32938/jie.v2i4.923

Manane, D. R., Duli, D. K., & Taolin, M. L. (2022). Analisis kinerja keuangan perusahaan umum daerah air minum sedaratan timor. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(3), 668. https://doi.org/10.29210/020221515

Molo, natalia. (2021). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING.

Nur Hakim, L., Lestari, S., Widiastuti, E., & Dewi, K. M. (2019). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 31–46. https://doi.org/10.29303/akurasi.v2i1.13

Oeleu, M. M. (2023). PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGI VARIABEL MODERATING.

Oktariko, B. (2018). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING Lailatul Amanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. 1–16.

Rahmantari, N. L. L. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Ganec Swara, 15(1), 813. https://doi.org/10.35327/gara.v15i1.179

Retno M., R. D., & Denies, P. . (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 2(2), 21. https://doi.org/10.17509/jpak.v2i2.15464

Rohmawan, R., Oktaviani, Y., & Yandri, P. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(3), 157–166. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i3.1484

Suharto, G. N., Gama, A. W. S., & Astiti, N. P. Y. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal EMAS, 3(9), 1–14.

Susanto, C. M. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnl Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(7), 1–17.

Triyono, F., & Setyadi, E. J. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Pada Perusahaan Property and Real Estate yang Terdaftar di BEI). Kompartemen, XIII(1), 64–82.

Published
2024-03-29
How to Cite
Soedarman, M., Putri, M., & Sa’adah, L. (2024). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), 1 - 13. https://doi.org/10.32938/ie.v6i1.6361