PENGARUH CONTENT MARKETING, PRICE DISCOUNT, DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING DI SHOPEE
Main Article Content
Abstract
Keputusan pembelian konsumen merupakan langkah krusial untuk menentukan apakah mereka akan membeli produk. Dengan adanya pertimbangan faktor-faktor termasuk perbandingan kualitas dan jumlah produk sebelum akhirnya membuat keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Content Marketing, Price Discount, dan Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli. Sampel dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus Slovin didapatkan sebanyak 93 responden pengguna aplikasi Shopee pada mahasiswa STIE Malangkucecwara. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memberikan kuosioner kepada STIE Malangkucecwara. Analisis data dan uji hipotesis dilakukan menggunakan program SPSS versi 26 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Content Marketing, Price Discount, dan Live Streaming berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dan variabel Minat Beli berhasil mempengaruhi Content Marketing, Price Discount, dan Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Abdurrahim, & Sangen, M. (2018). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling, Dan Advertising Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hotel Biuti Di Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan (JSMK), 2(1), 42–47. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk
Ashari, R. M. H., & Sitorus, O. F. (2023). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement Kopi Kenangan. Jurnal EMT KITA, 7(1), 38–46. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.726
Aulia, Q., & Riva’i, A. R. (2024). Pengaruh Price Discount, Online Customer Rating, Dan Online Custumer Riview Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 364–376. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Ayumi, B., & Budiatmo, A. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1169–1176. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31511
Darmastuti, S., Juned, M., Ali, S., & Satrio, J. (2021). Pelatihan Pembuatan Konten Media Sosial dalam Strategi Marketing Bagi Karang Taruna Desa Panyirapan, Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM), 1(3), 83–92.
Desma Erica Maryati Manik, & Erveni. (2020). Pengaruh Price Discount Dan in-Store Display Terhadap Impulse Buying Pada Labello Store Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya : Penelitian Ilmu Manajemen, 6(1), 34–43. https://doi.org/10.47663/jmbep.v6i1.33
Dewi, F. S., & Sari, T. N. (2023). Pengaruh Brand Image , Celebrity Endorsement , Dan Live Streaming (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Jurnal Widya, 4(2), 351–365.
Dewi, N. P. A., Fajariah, F., & Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 178–190. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i4.23
Farera, A., Diarya, G., & Raida, V. (2023). Pengaruh Live Streaming Tiktok Terhadap Kepercayaan Konsumen Produk Jims Honey Di Surabaya Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 125–133.
Ginting, A. K., & Harahap, K. (2022). Pengaruh Direct Marketing dan Product Quality Terhadap Repurchase Intention pada Live Streaming Marketing Shopee Live (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Medan). Journal of Social Research, 1(8), 851–863. https://doi.org/10.55324/josr.v1i8.175
Haerunnisa, Dwi Khaira Ramdhanni, & Ricky Firmansyah. (2021). Analisi Strategi Negosiasi Pada Platform Shopee. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(1), 29–38. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1.602
HastInaray, J. C., Nelwan, O. S., & Lengkong, V. P. K. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Amanah Finance Di Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(2), 459–470. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jbie/article/view/12559
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 25–32.
Kusumandaru, A. V. (2017). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan In-Store Display terhadap Impluse Buying Matahari. Jurnal Ilmu Riset Manajenen, 6(9), 1–19.
Lestari, S. I. P. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 7(2), 129. https://doi.org/10.30588/jmp.v7i2.362
Listyawati, I. H. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jbma, 3(1), 62–70.
M.Choirul Azam, & Hj.Yuni Sukandani. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Price discount dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Oppo di Terminal Phone Plaza Marina Surabaya. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 506–515. https://doi.org/10.36456/jsbr.v1i1.3021
Mahendra Aditama. (2009). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada pemerintah Kabupaten dan Kota diwilayah Surakarta). 2007.
Masruroh, iffah alfi, Djaelani, A. K., & Mustapita, A. F. (2022). Pengaruh Price Discount Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Dengan Hedonic Shopping Motivation Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang). Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.37366/master.v2i1.444
Nugroho, I. A., & Laily, N. (2022). Pengaruh promosi dan kemudahan akses terhadap keputusan pembelian e-commerce Shopee dengan minat beli sebagai variabel intervening (studi pada mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(7), 1–17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4727
Peran Simanihuruk. Ruth Natalia D. Roitona Sidabutar. Darwis Tamba. Immanuael Tarigan. Roslinda Sagala. (2023). Pengaruh Direct Marketing Dan Kualitasproduk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Intervening Kepuasan Konsumen Pada Live Streaming Marketing Tiktok (Studi Kasus : Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas). Journal of Engineering Research, 23(September), 309–323.
Prasetyo, E. B., Sopiah, & Zen, F. (2020). The Effect of Discount Price on Purchasing Intentions Through Consumer’s Perceived Risk in the Flash Sale Program at Shopee. 124, 633–643. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200305.129
Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1), 1&2.
Rahman, T. (2019). Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Caffe Go-Kopi Di Kota Malang). Skripsi Respositari UIN MMI Malang, 1–147.
Rahmawaty, I., Sa’adah, L., & Musyafaah, L. (2023). Pengaruh Live Streaming Selling, Review Product, Dan Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(2), 80. https://doi.org/10.30587/jre.v6i2.5956
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690
Rusli, M. R. A., Sugiyanto, F., & Rahayu, M. (2023). Pengaruh Direct Marketing dan Product Quality Terhadap Minat Beli Ulang Pada Live Streaming Marketing Shopee (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kampus Darmajaya Bandar Lampung). Jurnal Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 000, 268–279.
Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425–444.
Sapa, F. Y., Tumbel, A. L., Lumanauw, B., Sam, U., Yang, R., Tiktok, M., Sapa, F. Y., Tumbel, A. L., & Lumanauw, B. (2023). Jurnal EMBA Vol . 11 No . 4 Oktober 2023 , Hal . 787-798. 11(4), 787–798.
Silfiyah, A., Pudyaningsih, A. R., & Subagio, D. P. W. (2024). Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Jiniso pada Marketplace Shopee di Pasuruan. Revenue Manuscript, 2(1), 19–30.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Susilawati, E., Prastiwi, E. H., & Kartika, Y. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon, dan Customer Experience terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion Shopee. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 1. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.131
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38
Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS