ANALISIS PENGARUH SERVICE PERFORMANCE TERHADAP LOYALITAS DAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA LPD DESA ADAT ANTURAN SINGARAJA-BALI
Main Article Content
Abstract
Bali terkenal dengan adat istiadatnya yang diatur dalam Desa Pakraman. Desa ini merupakan kesatuan tradisi, tata karma pergaulan hidup dan sosial dalam ikatan hukum adat yang berbeda antara satu desa dengan desa lainnya, yang diberikan hak otonom untuk mengatur kehidupan sosial ekonomi termasuk didalamnya mengatur pengelolaan kekayaan desa adat setempat. Bali dikenal dengan lembaga keuangan yang di atur oleh peraturan desa yang disebut dengan LPD. Pemberian pelayanan yang tepat dan posisioning perusahaan yang tepat akan membuat mereka menjadi pelanggan yang akan merekomendasikan bahkan menjadi pembela perusahaan. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh service performance terhadap loyalitas dan kepuasan pelanggan, dengan mempertimbangkan kehadiran variabel moderating. Variabel moderating yang dipilih adalah kepuasan pelanggan, yang diyakini dapat memperkuat atau melemahkan hubungan antara kinerja pelayanan dan loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah di LPD Desa Adat Anturan Singara-Bali dan analisis menggunakan metode analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Service Performance merupakan faktor penentu Loyalitas nasabah.Service performance yang baik tidak selalu menghasilkan kepuasan nasabah namun hadirnya kepuasan nasabah sebagai variabel moderator bukan sebagai variabel intervening adalah tepat karena sudah terbukti bahwa kepuasan nasabah mampu memoderate pengaruh Service performance terhadap Loyalitas Nasabah.
Article Details
References
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi Keduabelas. Indeks. Jakarta.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yazid. (2008). Pemasaran Jasa : Konsep dan Implementasi. Yogyakarta : EKONISIA Fakultas Ekonomi UII
F Tjiptono. 2004, Total Quality Management, Yogyakarta, Andi Offset Ferdinand. 2006, Metode Penelitian Manajemen, BP Undip. Semarang
Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kotler ,Laksana . (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi Keduabelas. Indeks. Jakarta. Tjiptono, Fandy, 2004, Manajemen Jasa, Andi, Yogyakarta
Berry, L., Zeithaml, V., & Parasuraman, A. (1990). Delivery Quality Service. New York: the Free Press.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis . Yogyakarta : Graha ilmu
Gasperz, Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
F Tjiptono. 2004, Total Quality Management, Yogyakarta, Andi Offset Ferdinand. 2006, Metode Penelitian Manajemen
Engel,J. F .,et al. 1990,Consumer Behavior , 6 th ed Chicago : The Dryden Press.
Lupioyadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek (Service Marketing Management: Theory and Practice), Salemba empat , Jakarta
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2011. 10th Edition. “Marketing an Introduction”.Indonesia: Perason.
Stanton, William. J, 2000, Prinsip Pemasaran, Edisi Revisi, Erlangga, Jakarta.
Rangkuti. F, 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit. PTGramedia Pustaka Utama.
Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. 2008. Consumer Behavior : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama Edisi Bahasa Indonesia. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Hogan, J.P., 2006 Small ruminants nutrition material for the shourcec. Denpasar , july 2006 Vol. 1 . practical Notes
Schiffman, Leon G. and Kanuk, Leislie Lazar, 2000. Consumer Behavior. Seventh Edition. USA :Prentice-Hall, Inc.
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Arikunto, S., Suharjono, dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.