Analisi Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Wanita Di Rokan Hilir

  • Sri Haryanti UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU
Keywords: TPAK Wanita, PDRB, Upah Minimum, Tingkat Pendidikan Wanita Bekerja Tamatan SMU Sederajat dan Tingkat Pendidikan Wanita Bekerja Tamatan Diploma Keatas.

Abstract

Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) wanita merupakan hubungan antara tingkat penduduk yang berkerja pada Tingkat Pendidikan Wanita bekerja dalam pasar tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh PDRB, Upah Minimum, Tingkat Pendidikan Wanita bekerja tamatan SMU sederajat dan Tingkat Pendidikan Wanita bekerja tamatan Diploma Keatas terhadap TPAK wanita di Rokan Hilir. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diolah adalah data Publikasi Badan Statistik berupa data TPAK wanita, PDRB, Upah Minimum, Tingkat Pendidikan Wanita bekerja tamatan SMU sederajat dan Tingkat Pendidikan Wanita bekerja tamatan Diploma Keatas Tahun 2012-2021. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regersi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai cofisien regersi variabel PDRB 1.94E-10 dengan tingkat signigikan 0.0458 dan disimpulkan bahwa PDRB berpengaruh positif dan signifikan terhadapa TPAK Wanita. Sedangkan nilai cofisien regersi variabel Upah Minimum -0.920910 dengan tingkat signifikan 0. 0439 dan disimpulkan bahwa Upah Minimum berpengaruh negatif dan signifikan terhadap TPAK wanita. Sedangkan nilai cofisien regersi variabel Tingkat Pendidikan Wanita bekerja tamatan SMU sederajat 0.003446 dengan tingkat signifikan 0.0064 dan disimpulkan bahwa Tingkat Pendidikan Wanita bekerja tamatan SMU sederajat berpengaruh positif dan signifikan terhadap TPAK Wanita. Adapun nilai Tingkat Pendidikan Wanita bekerja tamatan Diploma Keatas 0.064641 dengan tingkat signifikan 0.6221 dan disimpulkan bahwa Tingkat Pendidikan Wanita bekerja tamatan Diploma Keatas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap TPAK Wanita.

Kata Kunci: TPAK Wanita, PDRB, Upah Minimum, Tingkat Pendidikan Wanita Bekerja Tamatan SMU Sederajat dan Tingkat Pendidikan Wanita Bekerja Tamatan Diploma Keatas.

Published
2022-12-08