MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SDN SAENAM

  • Oktovianus Mamoh Universitas Timor
Keywords: pelatihan, keterampilan, penelitian tindakan kelas

Abstract

Tujuan PTK ini untuk dapat mengatasi masalah-masalah pembelajaran atau meningkatkan kegiatan pembelajaran. Kenyataan yang dihadapi oleh guru-guru SD di Kabupaten Timor Tengah Utara menunjukkan bahwa banyak guru SD yang belum dapat membuat proposal PTK. Hal ini berdasarkan pengamatan penulis dan wawancara dengan beberapa guru senior yang mengatakan bahwa hampir 90% guru SD tidak mampu membuat proposal dan laporan PTK. Karena itu, penulis tergerak hati untuk melakukan pengabdian dosen dengan melakukan pelatihan penulisan proposal PTK bagi guru-guru SDN Saenam. Pengabdian ini telah dilakukan mulai dari tanggal 21 dan 27 Agustus 2017 di SDN Tubmanu, Desa Saenam, Kecamatan Miomaffo Barat. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan praktek.  Hasil pengabdian ini menggambarkan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat penting bagi guru-guru SDN Tubmanu. Hal ini dapat dilihat dari 1) persentasi kehadiran mereka saat kegiatan berlangsung yang tidak pernah kurang dari 80%; 2) keaktifan dan kreativitas mereka dalam mengikuti kegiatan pada setiap langkah-langkah PTK; 3)  motivasi mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelolah kelas untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditandai dengan antusias para guru dalam menemukan masalah-masalah yang terjadi di kelas dan mencari solusi/penyelesaian yang tepat; 4) meningkatkan kemampuan menulis terutama proposal dan laporan hasil PTK.

References

Arikunto S, Suhardjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fx. Soedarsono. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Kunandar. 2011. Guru Profesional, Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Nitiasih, Putu Kerti, 2010. Model Workshop Penelitian Tindakan Kelas Reflektif Berbasis Kompetensi (PTK-RBK) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru di Provinsi Bali. Hasil Penelitian yang tidak dipublikasikan.
Rindjin, Sarna, Padmadewi. 2006. Diagnosis Masalah Pembelajaran (Makalah disampaikan dalam Focused Group Discussion antar Guru-Guru SD, SMP se Kabupaten Banjar tanggal 21 Oktober 2006.
Suryasubrata, 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukarnyana. I.W. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang
T.Raka Joni.1998. Penelitian Tindakan Kelas: Beberapa Permasalahannya. Jakarta: PCPPGSM Dirjen Dikti.
Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Published
2018-08-29
How to Cite
Mamoh, O. (2018). MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SDN SAENAM. Bakti Cendana, 1(1), 41-48. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/BC/article/view/20