BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU-GURU SD SE-KECAMATAN MIOMAFFO BARAT

Main Article Content

Vinsensia Ulia Rita Sila
Martinus Lafu Salu
Oktovianus Mamoh

Abstract

Pengabdian dilaksanakan di SDK Eban I, Kecamatan Miomaffo Barat pada tanggal 09 Agustus 2018 sampai dengan tanggal 11 Agustus 2018 dengan jumlah peserta 33 orang. Metode yang digunakan adalah a) metode survey dan observasi, digunakan untuk memperoleh gambaran kebutuhan guru-guru SD Se-kecamatan Miomaffo Barat akan penulisan karya ilmiah PTK, peserta dan lokasi pelaksanaan kegiatan, b) metode ceramah dan tanya jawab, digunakan pada saat menyampaikan materi  PTK yang sifatnya teoritis dan c) metode diskusi dan latihan, digunakan pada saat tahap diskusi setelah penyampaian materi, latihan penulisan proposal PTK dan penulisan laporan PTK. Data awal menunjukkan bahwa guru-guru sangat membutuhkan bimbingan teknis karya tulis ilmiah dengan memberikan respon positif sebesar 87,88%. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru-guru sudah mampu mengidentifikasi masalah, merumuskan judul dan menulis proposal PTK. Para guru memberikan respon positif sebesar 81,82% terhadap materi yang disampaikan dan berusaha menulis proposal dan laporan hasil PTK. Hal ini menunjukkan bahwa guru-guru sangat antusias dengan materi karya tulis ilmiah PTK sebagai pengembangan profesionalisme guru. Dapat disimpulkan bahwa  guru-guru SD-sekecamatan Miomaffo Barat sangat membutuhkan materi penulisan karya tulis ilmiah PTK demi pengembangan profesionalisme guru. Dengan kegiatan ini juga para guru telah mampu mengidentifikasi masalah, merumuskan judul dan menulis proposal PTK.

Article Details

How to Cite
Sila, V., Salu, M., & Mamoh, O. (2019). BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU-GURU SD SE-KECAMATAN MIOMAFFO BARAT. Bakti Cendana, 2(1), 8-12. https://doi.org/10.32938/bc.2.1.2019.8-12
Section
Articles

References

Arikunto,S, Suhardjono dan Supardi.2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Mamoh, O dan Kelen, Y. 2016. Laporan Pelatihan Penulisan Proposal PTK Bagi Guru-Guru SDN Noebesi.LPPM Unimor.
Rahmawati,D. 2008. Makalah pelatihan penelitian dan penulisan karya ilmiah bagi guru akuntansi sekabupaten Sleman.
Takari, E.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Genesindo

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.