BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU-GURU SD SE-KECAMATAN MIOMAFFO BARAT
Main Article Content
Abstract
Pengabdian dilaksanakan di SDK Eban I, Kecamatan Miomaffo Barat pada tanggal 09 Agustus 2018 sampai dengan tanggal 11 Agustus 2018 dengan jumlah peserta 33 orang. Metode yang digunakan adalah a) metode survey dan observasi, digunakan untuk memperoleh gambaran kebutuhan guru-guru SD Se-kecamatan Miomaffo Barat akan penulisan karya ilmiah PTK, peserta dan lokasi pelaksanaan kegiatan, b) metode ceramah dan tanya jawab, digunakan pada saat menyampaikan materi PTK yang sifatnya teoritis dan c) metode diskusi dan latihan, digunakan pada saat tahap diskusi setelah penyampaian materi, latihan penulisan proposal PTK dan penulisan laporan PTK. Data awal menunjukkan bahwa guru-guru sangat membutuhkan bimbingan teknis karya tulis ilmiah dengan memberikan respon positif sebesar 87,88%. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru-guru sudah mampu mengidentifikasi masalah, merumuskan judul dan menulis proposal PTK. Para guru memberikan respon positif sebesar 81,82% terhadap materi yang disampaikan dan berusaha menulis proposal dan laporan hasil PTK. Hal ini menunjukkan bahwa guru-guru sangat antusias dengan materi karya tulis ilmiah PTK sebagai pengembangan profesionalisme guru. Dapat disimpulkan bahwa guru-guru SD-sekecamatan Miomaffo Barat sangat membutuhkan materi penulisan karya tulis ilmiah PTK demi pengembangan profesionalisme guru. Dengan kegiatan ini juga para guru telah mampu mengidentifikasi masalah, merumuskan judul dan menulis proposal PTK.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor.
Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.
References
Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Mamoh, O dan Kelen, Y. 2016. Laporan Pelatihan Penulisan Proposal PTK Bagi Guru-Guru SDN Noebesi.LPPM Unimor.
Rahmawati,D. 2008. Makalah pelatihan penelitian dan penulisan karya ilmiah bagi guru akuntansi sekabupaten Sleman.
Takari, E.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Genesindo