PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA “KUBUS-KUBUS SATUAN” UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Yohanis Ndapa Deda
Hermina Disnawati
Ando Missa

Abstract

Media pembelajaran seperti alat peraga matematika sangat berperan dalam memahamkan konsep matematika siswa sekolah dasar. Pembelajaran menggunakan alat peraga matematika juga memberikan kesempatan siswa untuk mengekresikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Namun guru sekolah dasar masih kesulitan menggunakan alat peraga matematika, khususnya “kubus-kubus satuan” dalam pembelajaran matematika. Untuk mewujudkan pembelajaran matematika yang menyenangkan, maka salah satu cara adalah melalui pengabdian penggunaan alat peraga matematika agar guru mampu menggunakan alat peraga matematika kubus-kubus satuan dalam pembelajaran matematika. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan alat peraga “kubus-kubus satuan” dalam pembelajaran di kelas. Pengabdian ini dilaksanakan pada guru mitra Sekolah dasar negeri di Kabupaten Timor tengah Utara. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Metode Pelatihan dan Pendampingan. Metode pelatihan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting, kemudian metode Pendampingan dilakukan secara offline kepada dua guru mitra dengan menerapkan protokol kesehatan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa keterampilan guru mitra dalam menggunakan alat peraga matematika kubus-kubus satuan dalam mengajar di kelas. Hal ini dapat dilihat dari pekerjaan guru pada saat pretest mencapai 63,6% dan pada posttest mencapai 80%.

Article Details

How to Cite
Deda, Y., Disnawati, H., & Missa, A. (2022). PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA “KUBUS-KUBUS SATUAN” UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU SEKOLAH DASAR. Bakti Cendana, 5(1), 33-39. https://doi.org/10.32938/bc.5.1.2022.33-38
Section
Articles

References

Amsikan, S., & Deda, Y. (2018). Memanfaatkan Potensi Lokal Kefamenanu dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru SMP. Bakti Cendana, 1(1), 32-40. https://doi.org/10.32938/bc.1.1.2018.32-40
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Deda, Y. N. & Disnawati, H. (2020). Workshop Media Alat Peraga Matematika “Luas Bangun Datar” untuk Meningkatkan Kreatifitas Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Ethos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1); 67 -72.
Deda, Y. N. & Disnawati, H. (2019). Workshop Media Animasi untuk Meningkatkan Kreativitas Guru di Kelurahan Kefamenanu Tengah. Ethos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1); 70-76.
Dominikus, W., Nenohai, J., Samo, D., & Udil, P. (2021). Pelatihan Pengembangan Alat Peraga Bangun Datar Bagi Guru-Guru SDK St. Arnoldus Penfui-Kupang. Bakti Cendana, 4(1), 37-43. https://doi.org/10.32938/bc.4.1.2021.37-43
Hiedayat, S. W., & Sulistyowati. (2010). Pengembangan Komputer Pembelajaran (CAI) tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan pada Mata Pelajaran Fisika bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 10 (1): 86-99.
https://KBBI.web.id/media. Diakses tanggal 26 Februari 2020.
Kristanto, A. (2010). Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Sistem Tata Surya bagi Siswa Kelas 2 Semester I di SMAN 22 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya 10 (2): 1225.
Mauluah, L. (2012). Permainan dan alat peraga pada pembelajaran matematika tingkat SD/MI. Al-bidayah, 4(2):173-191.
Nurmeidina, R., & Ariyanti, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal PADI – Pengabdian mAsyarakat Dosen Indonesia, 2(1): 6-12.
Sobri & Khaeroni (2016) . Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika. PRIMARY,8(2):185-204.
Suandi. (2018). Peningkatkan Kemampuan Guru SD Dalam Menggunakan Alat Peraga Matematika Melalui Kegiatan Workshop. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 4(1): 87-98.