Workshop Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sampah dan Barang Bekas Bagi Guru MIN TTU

  • Hermina Disnawati Universitas Timor
  • Farly Oktriany Haning Universitas Timor
Kata Kunci: Alat Peraga Matematika, Sampah dan Barang Bekas

Abstrak

Permasalahan pokok di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) TTU-Kefamenanu yang menjadi mitra pengabdian ini adalah: (i) belum tersedianya alat peraga matematika di sekolah mitra;  (ii) belum pernah diselenggarakan kegiatan workshop tentang penggunaan alat peraga matematika di sekolah mitra. Metode pelaksanaan  pengabdian ini adalah ceramah, demonstrasi, praktek langsung, diskusi dan penugasan. Adapun alat peraga yang digunakan antara lain: Mistar Bilangan, Kartu Positif Negatif, Puzzle FPB dan KPK, Magic Square, Perkalian Kanada, Congklak Penjumlahan, Tabel Cayley, Ular Tangga Aljabar, Menara Hanoi dan Tangram. Alat peraga matematika ini terbuat dari sampah dan barang bekas.  Pelaksanaan pengabdian selama 3 hari dengan rincian satu hari workshop dengan peserta para guru dan dua hari praktek penggunaan alat peraga dengan peserta siswa kelas IV, V dan VI. Hasil evaluasi pengabdian menunjukkan bahwa i) 33,33% peserta sangat setuju dan 66,67% peserta workshop setuju bahwa materi workshop terorganisasi dengan baik dan alat peraga yang digunakan sesuai dengan materi pembelajaran di sekolah dasar, alat peraga menarik dan membantu siswa dalam belajar sambil bermain; ii) 80% peserta setuju dan 20% sangat setuju bahwa panduan praktik penggunaan alat peraga dengan LKS yang disediakan dapat dimengerti dengan baik.

Referensi

Chrismono, P.C. “Penggunaan Media dan Sumber Belajar Dari Alam Sekitar dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Gammath, 2.2.(2017). Web. Mei 2018

Dahniar, dkk. “Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri 6 Tolitoli dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Penjumlahan dan Pengurangan”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 4.3.(2016). Web. Mei 2018

Hidayah, Isti. “Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah”. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.1.1.(2018) : 1-11. Web. Mei 2018

Mariyah, dkk. “Pengembangan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika pada Anak dengan ADHD”. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. (2017) : 240-250. Web. Mei 2018

Widyatmoko, A & Pamelasari, S.D. “Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1.1 (2012) : 51-56. Web. Mei 2018
Diterbitkan
2019-10-09