Peningkatan Produktivitas Ternak Sapi Potong Melalui Penerapan Teknologi Pengawetan Pakan (Silase komplit)

  • Paulus K. Tahuk Universitas Timor
  • Gerson Frans Bira Universitas Timor, Fakultas Pertanian, Program Studi Peternakan
Keywords: Quality, Silage, Palatability, Knowledge Level

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kelompok tani Nek’Mese Desa Usapinonot, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara tentang teknologi silase komplit. Metode yang digunakan adalah FGD (focus disscussion group) dan praktek secara langsung tentang pembuatan silase komplit. Sebelum dan sesudah kegiatan pelatihan, anggota kelompok diberikan beberapa pertanyaan terkait silase komplit lewat kuesioner. Kegiatan berlangsung selama ± 45 hari dimulai dari persiapan alat dan bahan sampai pada penilaian kualitas (fisik dan kimia) serta penilaian tingkat palatabilitas ternak sapi potong terhadap silase komplit yang dibuat. Bahan pembuatan silase adalah gamal (40%), lamtoro (30%), dedak padi (15%), tepung jagung (10%) dan gula (5%). Silase komplit yang didapat diuji kualitas fisik berupa warna, tekstur, aroma dan pH, kualitas fisik dilakukan dengan analisis proksimat dan palatabilitas ternak dilihat dengan memberikan beberapa pilihan pakan pada sapi penggemukan. Hasil yang didapat adalah warna silase hijau kekuningan, wangi asam laktat, bertekstur padat pH 3,50. Sedangkan kandungan silase komplit, BK (92%), BO (82,2%), PK (10,8%), LK (7,28%), BETN (49,12%) serta EM (2713,87 Kkal/kg) serta memiliki nilai palatabilitas yang tergolong tinggi. Tingkat pengetahuan dan pemahaman anggota kelompok tani meningkat 98%. Tingkat capaian dari kegiatan pengabdian ini adalah 100%.

References

Hadju, L. 2014. Membuat Silase. Balai Pelatihan Pertanian-Jambi

Kartadisastra, H.R. 1997. Penyediaan dan Pengelolaan Pakan Ternak Ruminansia. Kanisius. Yogyakarta

McDonald P, Edwards RA, Greenhalgh JFD, Morgan CA. 2002. Animal Nutrition. 6th Ed. Harlow (GB): Pearson Education.

Muwakhid, B. 2010. Kualitas Silase Hijauan Gembilina (Gmelina arborea) Yang Dibuat Menggunakan Inokulum Bakteri Asam Laktat Berbeda. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner 2010.

Soejono, M. 1991. Analisis Evaluasi. Pusat University Bioteknologi, Universitas Gadjah Mada.

Tahuk, P.K., E. Baliarti, S.P.S Budhi, Panjono. 2018. The Effect of Season on the Feed Quantity and Quality and Growth Performance of Male Bali Cattle Fattened in Smallholder Farms. Buletin Peternakan (Bulletin of Animal Science). 42 (3): 203-209.

Utomo, R., C.T.Noviandi, A.Astuti, N. Umami, L.J.M.C. kale Lado, A.B. Pratama, N.A. Jamil, N. Sugiyanto. 2016. Pengaruh Penggunaan Aditif Pada Kualitas Silase Hijauan Sorghum Vulgare. Prosiding Simposium Nasional Penelitian dan Pengembangan Peternakan Tropik Tahun 2016-UGM,Yogyakarta.

Published
2019-09-13
How to Cite
Tahuk, P., & Bira, G. (2019). Peningkatan Produktivitas Ternak Sapi Potong Melalui Penerapan Teknologi Pengawetan Pakan (Silase komplit). Bakti Cendana, 2(1), 30-37. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/BC/article/view/94