PENGARUH LITERASI SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

  • Lili Astuti Isnaeni Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan literasi sains dan pemahaman konsep siswa serta mengukur besarnya pengaruh literasi sains terhadap pemahaman konsep pada materi sistem pertahanan tubuh melalui PBL. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu non-equivalent pretest-posstest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1,2,3,6 berjumlah 134 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4,5,7 berjumlah 102 siswa sebagai kelas kontrol. Sebelum digunakan dalam penelitian, soal-soal instrumen test diujicobakan pada siswa dan diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Data dianalisis dengan Uji N-gain, uji prsyarat dan uji hipotesis. Uji N-gain digunakan untuk mengetahui peningkatan nilai pretest dan posstest literasi sains dan pemahaman konsep, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas bertujuan untuk mengetahui homogenitas dan normalitas distribusi nilai pretest dan posstest. Uji hipotesis menggunakan independent sample T test dan uji mann whitney U pada data posstest literasi sains dan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kontrol. Uji determinasi (regresi sederhana) menggunakan nilai posstest literasi sains dan pemahaman konsep untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi sains terhadap pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan literasi sains dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran PBL (kelas eksperimen) dengan pembelajaran ceramah dan diskusi (kelas kontrol) serta literasi sains memberi pengaruh 12,4% terhadap pemahaman konsep siswa.

Published
2022-01-31