PROFIL TINGKAT PENERIMAAN TERHADAP TEORI EVOLUSI PADA SISWA SMA DAN MA

  • Aprilliana Dwi Putri Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Teori evolusi, Penerimaan evolusi

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat penerimaan teori evolusi siswa SMA dan MA. Studi ini juga melakukan analisis untuk melihat apakah terdapat perbedaan tingkat penerimaan teori evolusi antara siswa SMA dan MA. Tingkat penerimaan teori evolusi diukur dengan menggunakan instrumen MATE (Measure of Acceptance of the Theory of Evolution) yang sudah dimodifikasi dan diterjemahkan. Subyek studi ini ialah 28 orang siswa kelas 12 SMA serta 33 orang siswa kelas 12 MA. Data yang didapatkan lalu dianalisis secara statistik sehingga menggambarkan profil tingkat penerimaan siswa SMA dan MA terhadap teori evolusi. 10 siswa (35, 71%) SMA memiliki penerimaan rendah, 15 siswa (53, 58%) SMA memiliki penerimaan sedang, serta 3 siswa (10, 71%) SMA memiliki penerimaan rendah. Sedangkan untuk siswa MA profil tingkat penerimaan terhadap teori evolusi adalah sebagai berikut, 1 orang siswa (3,03%) memiliki penerimaan sangat rendah, 9 siswa (27, 27%) memiliki penerimaan rendah, 22 siswa (66, 67%) memiliki penerimaan sedang, serta 2 siswa (6, 06%) memiliki penerimaan tinggi. Hasil uji Mann Whitney-U menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat penerimaan teori evolusi siswa SMA dan MA.

References

Alters, B. J., & Nelson, C. E. (2002). Perspective: Teaching evolution in higher education. Evolution, 56(10), 1891–1901.
De Baz, T., & El-Weher, M. (2012). The effect of contextual material on evolution in the Jordanian secondary-school curriculum on students’ acceptance of the theory of evolution. Journal of Biological Education, 46(1), 20–28.
Dobzhansky, T. (1973). Nothing in biology makes sense except in the light of evolution. The American Biology Teacher, 35(3), 125–129.
Ghozali, I. (2002). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Ha, M., Haury, D. L., & Nehm, R. H. (2012). Feeling of certainty: Uncovering a missing link between knowledge and acceptance of evolution. Journal of Research in Science Teaching, 49(1), 95–121.
Krech, D., Crutchfield, R.S., & Ballachey, E.L. (1982). Individual in Society. Chapter 7: The Changing of Attitudes. Berkeley: McGraw-Hill International Book Company.
Rutledge, M. L., & Sadler, K. C. (2007). Reliability of the Measure of Acceptance of the Theory of Evolution (MATE) instrument with university students. American Biology Teacher, 69(6), 332–335.
Rutledge, M. L., & Warden, M. A. (1999). The Development and Validation of the Measure of Acceptance of the Theory of Evolution Instrument. School Science and Mathematics, 99(1), 13–18.
Sinatra, G. M., Southerland, S. A., McConaughy, F., & Demastes, J. W. (2003). Intentions and beliefs in students’ understanding and acceptance of biological evolution. Journal of Research in Science Teaching, 40(5), 510–528.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Supani. (2009). Sejarah Perkembangan Madrasah di Indonesia. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(3), 560-579.
Trani, R. (2004). I wont’t teach evolution: It’s against my religion. And now for the rest of the story. American Biology Teacher, 66(6), 419–427.
Wiles, J. R., & Alters, B. (2011). Effects of an Educational Experience Incorporating an Inventory of Factors Potentially Influencing Student Acceptance of Biological Evolution. International Journal of Science Education, 33(18), 2559–2585.
Woods, C. S., & Scharmann, L. C. (2001). High school students’ perceptions of evolutionary theory. Electronic Journal of Science Education, 6(2). Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/339509124_High_School_Students'_Perceptions_of_Evolutionary_Theory
Published
2021-12-31