Mengajarkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

  • Setiono - Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Fivty Octavia Astuti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Biologi dan Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Pengalaman belajar saintifik merupakan pengalaman belajar penting bagi peserta didik. Peserta didik harus memiliki keterampilan psrasyarat dalam pengalaman belajar saintifik, keterampilan dasar tersebut adalah keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerangka kerja dalam membekalkan keterampilan proses sebagai dasar pengalaman saintifik dalam pembelajaran jarak jauh. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskripstif melalui studi dokumen dan literatur. Pengalaman belajar melalui pendekatan saintifik merupakan salah satu standar proses dalam pembelajaran mata pelajaran biologi. Pengalaman belajar melalui pendekatan saintifik mempersyaratkan peserta didik mememiliki keterampilan dasar menjalankan proses saintifik, untuk menjalankan proses saintifik peserta didik harus memiliki keterampilan proses sains dasar. Guru perlu mengupayakan keterampilan proses sains ini dimiliki terlebih dahulu di awal-awal kegiatan pembelajaran biologi di sekolah. Dalam kurikulum BSCS (Biological Science Curriculum Study) dikatakan bahwa tema persoalan biologi pertama yang harus diajarkan kepada peserta didik adalah sains sebagai sebuah proses penyelidikan. Kondisi saat ini dimana peserta didik harus belajar di rumah menjadi tantangan tersendiri bagi para guru untuk melatihkan keterampilan proses peserta didik. Melatihkan keterampilan proses perlu pengalaman hand-on yang dilakukan peserta didik. Sehingga guru harus menyiapkan tugas, instruksi atau bimbingan yang memungkinkan peserta didik melakukan proses sains di rumah, untuk menyiapkan hal tersebut guru memerlukan kerangka kerja pembelajaran jarak jauh yang dapat membekalkan keterampilan proses sains, sebagai keterampilan dasar untuk menjalankan standar proses pembelajaran sains.

References

Choirunnisa, N.L. et al. (2018). Improving Science Process Skills for Primary School Students Through 5E Instructional Model-Based Learning. Journal of Physics: Conf. Series 947. doi :10.1088/1742-6596/947/1/012021

Fitri, S. R, & Saenab, S. (2019). Keefektifan Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Humor pada Materi Genetika terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 11 Makassar. Biology Teaching and Learning, 1(1).

Fitzgerald, M., Danaia, L., & McKinnon, D.H. (2017). Barriers inhibiting inquiry-based science teaching and potential solutions: perceptions of positively inclined early adopters. Res Sci Educ. Springer: doi: 10.1007/s11165-017-9623-5

He, W., Xu, G., & Kruck, S. E. (2014). Online is education for the 21st century. Journal of Information Systems Education, 25(2), 101–105

Lutfi, A, Rusly Hidayah, R (2017). Training Science Process Skills Using Virtual Laboratory On Learning Acid, Base, And Salt. Journal of Chemistry Education Research.

Marshall, J. C., Smart, J. B., & Alston, D. M. (2016). Inquiry-based instruction: a possible solution to improving student learning of both science concepts and scientific practices. International journal of science and mathematics education. doi:10.1007/s10763-016-9718-x

Mishra, L., Gupta, T. & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open. 1 (1).

National Research Council (2000). Inquiry and the national science education standards. Washington, DC: National Academy Press

NGSS (2014) A Content Comparison Analysis of the Next Generation Science Standards and the Michigan Science Standards. SRI International

Nuako, J.O. et al. (2015). Using brief teacher interview to assess the extent of inquiry in classrooms. Journal of advanced Academics. 26(3)197-226

Rustaman, N.Y. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi Malang: Universitas Negeri Malang.

Sahu, P. (2020). Closure of universities due to coronavirus disease 2019 (COVID-19): Im- pact on education and mental health of students and academic staff. Cureus, 12 (4), 1–6. 10.7759/cureus.7541

Semiawan,C., et al., (1985). Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belaja. Jakarta: Gramedia.

Syaodih, N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Wulan, A.R., (2018). Menggunakan Asesmen Kinerja untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian. Bandung: UPI Press

Yu, B. (2019). The Predicting Roles of Approaches to Learning, L2 Learning Motivation, L2 Learning Strategies and L2 Proficiency for Learning Outcomes: A comparison between Mainland and Hong Kong Chinese Students. Educational Studies, 45(4), 520–532

Published
2021-08-31