Pengembangan Media Whiteboard Animation Berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA) Materi Sistem Peredaran Darah

Main Article Content

Panji Ardiansyah
Ospa Pea Yuanita Meishanti

Abstract

Hasil observasi di MAN 7 Jombang yang dilakukan pada tanggal 17 Februari 2021 proses pembelajaran yang sering dilakukan yaitu ceramah dengan bantuan buku paket dan LKS (Lembar Kerja Siswa). Akibatnya peserta didik merasa jenuh dan bosan karena tidak adanya variasi media yang digunakan di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media whiteboard animation yang bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media whiteboard animation berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA) berdasarkan validasi ahli media pembelajaran dan ahli materi. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap media whiteboard animation. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D. Lokasi penelitian ini adalah di MAN 7 Jombang, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket (kuisioner) yang digunakan untuk validasi ahli dan respon peserta didik terhadap media whiteboard animation. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil validasi ahli media pembelajaran didapatkan presentase kelayakan 84% dengan kriteria sangat layak, dan hasil validasi ahli materi didapatkan presentase kelayakan 78% dengan kriteria layak, dan hasil respon peserta didik didapatkan presentase kelayakan 92,7% dengan kriteria sangat menarik.

Article Details

Section
Articles

References

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis pembelajaran online masa wfh pandemic covid-19 sebagai tantangan pemimpin digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.
Hidayatullah, P. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan Flash: Membuat Presentasi pelajaran Lebih Menarik. Bandung: Informatika Bandung.
Indra, I. (2017). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Pai Siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh. (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.
Kurniawan, D., & Dewi, S.V. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan media screencast-o-matic mata kuliah kalulus 2 menggunakan model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 3(1).
Mastuti, R. et. al. (2020). Teaching From Home: Dari belajar merdeka menuju merdeka belajar. Yayasan Kita Menulis.
Octavianingrum, D. (2016). Pengembangan media audio visual sparkol videoScribe dalam pembelajaran mengelola pertemuan/rapat di lembaga pendidikan profesi (lpp) ipmi kusuma bangsa Surakarta jurusan administrasi perkantoran (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Riduwan, A. (2012). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika Cetakan 1. Bandung: Alfabeta.
Riduwan, A. (2013). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.
Utami, A. P. (2011). Pengaruh Variasi Penyudutan Arah Sinar Pada Pemeriksaan Vertebra Lumbosacral Joint Proyeksi Lateral Terhadap Kriteria Anatomi Radiograf. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 2(2).