Hubungan Minat Belajar Daring Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pembelajaran Daring Biologi

  • Zulfahtul Nikmah UIN Walisongo Semarang
  • Anif Rizqianti Hariz UIN Walisongo Semarang
  • Arifah Purnamaningrum UIN Walisongo Semarang
Keywords: Hasil belajar kognitif;Minat belajar;Pembelajaran daring.

Abstract

Abstrak

Penelitian kali ini penelitian untuk mengetahui hubungan dari minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif siswa selama pembelajaran daring mata pelajaran biologi di SMAN 8 Semarang. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Semarang karena hasil dari observasi di SMAN 8 Semarang minat belajar daring masih tergolong rendah dan hasil belajar juga masih tergolong rendah sehingga perlu diadakan evaluasi mengenai pembelajaran daring. Penelitian kali ini masuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif, analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data korelasi product moment yang memiliki tujuan mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dari minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif siswa selama pembelajaran daring mata pelajaran biologi SMAN 8 Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperlihatkan strata yang ada dalam populasi itu sendiri. Sampel yang diambil pada penelitian kali ini sebanyak dua kelas dari populasi keseleruhan lima kelas dengan jumlah siswa sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Dari perhitungan tersebut didapatkan hasil perhitungan korelasi antara minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif selama pembelajaran daring diperoleh rxy= 0.945 dengan taraf signifikansi 5% dengan kategori korelasi sangat kuat karena terletak diantara 0.800-1.000. kemudian untuk menguji keberartian koefisien korelasi sederhara digunakan rumus uji “t” didapatkan hasil t hitung  24.15 dengan t tabel 1.994, maka didapatkan hasil t hitung > t tabel (24.15>1.994) sehingga dapat dikatakan variabel X dengan Y memiliki hubungan yang signifikan.

 

Kata Kunci: Hasil belajar kognitif;Minat belajar;Pembelajaran daring.

 

 

Abstract

This study aims to determine the relationship of online learning interest with students' cognitive learning outcomes during online learning of biology subjects at SMAN 8 Semarang. The research was conducted at SMAN 8 Semarang because the results of observations at SMAN 8 Semarang, interest in online learning is still relatively low and learning outcomes are also still relatively low so it is necessary to conduct an evaluation of online learning. This research is a quantitative research type. The data analysis used in this research is product moment correlation data analysis which has the aim of knowing whether there is a positive relationship between online learning interest and students' cognitive learning outcomes during online learning of biology subjects at SMAN 8 Semarang. . The sampling technique in this study used a probability sampling technique with simple random sampling, namely the technique of taking samples from members of the population that was carried out randomly without showing the strata that existed in the population itself. The samples taken in this study were two classes from a total population of five classes with a total of 72 students. Data collection techniques using questionnaires and documentation instruments. The results of the study were then analyzed using the product moment correlation formula. From these calculations, the results of the calculation of the correlation between online learning interest and cognitive learning outcomes during online learning obtained rxy = 0.945 with a significance level of 5% with a very strong correlation category because it is located between 0800-1,000. Then to test the significance of the simple correlation coefficient, the "t" test formula was used to get the results of t count 24.15 with t table 1.994, then the results obtained t count > t table (24.15> 1.994) so ​​that it can be said that the X variable with Y has a significant relationship.

 

Keywords: Cognitive outcomes; Interest of Study; Online classroom

References

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Peneltian SuatuPendekatan Praktik. Jakarta: Alfabeta.
Harsanto, Budi. 2014. Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. Bandung: Unpad Pers.
Ihsan, Kahar. 2018. Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas X terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli SMA Negeri 18 Luwu . Doctoral Dissertation. Universitas Negeri Malang.
Jecsenen, Andry. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, serta Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tana Tidung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.
Khoiri, Nur. 2018. Metodologi Penelitian dan Pendidikan. Semarang: Southeast Asian Publishing.
Mustafa, Zainal. 2013. Mengurai Variabel Hingga Instrumen.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahmah, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Rimbarizki, R. 2017. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Pioner Karanganyar. J+ Plus Unnesa.6 (2).
Sanjaya, Ridwan. 2020. 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Sarahutu, Maria Goretty.2020. Pembelajaran Oline, Minat Belajar, dan Kehidupan Sehari-hari Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma diTengah Covid-19. Yogyakarta: Universitas Sanaa Dharma.
Simanihuruk, Lidia. 2019. E-learning Implementasi, Strategi, dan Inovasi. Yayasan Kita Menulis.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Rineka Cipta.
Sudariyanto. 2014. Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar tentang Kenampakan Buatan di Wilayah Indonesia dengan Media Visual pada Siswa Kelas V SDN Selodakon 04 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal, 3,187-198.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&A. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensidan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sunarto dan Riduwan. 2013. Statistik untuk Penelitian
Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis.
Bandung: Alfabeta.
Suparno,Paul.2014. Metode Penelitian Pendidikan IPA. Yogyakarta:Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia.
Sutikno, Wahyudin. 2010. Keefektifan Multimedia Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. (Online), Tersedia: http://journal.unnes.ac.id, diakses 19 Juli 2020).
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosada.
Syahputra,Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi:Haura Publishing Group.
Ula, S. Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Published
2021-12-31