Pendayagunaan Unsur-Unsur Biologi sebagai Sumber Belajar dalam Karakteristik Teknologi Pendidikan

  • Zahid Zufar At Thaariq Universitas Negeri Malang
  • Jasmine Nurul Izza Universitas Negeri Malang
Keywords: Biologi;Sumber belajar;Karakteristik teknologi pendidikan

Abstract

Teknologi pendidikan merupakan rumpun keilmuan dalam memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja untuk memecahkan masalah pendidikan. Keilmuan ini secara tertulis berbicara mengenai sumber belajar sebagai upaya dalam pemecahan tersebut. Sumber belajar diklasifikasikan menjadi enam, yakni (1) pesan, (2) bahan, (3) orang/manusia, (4) alat, (5) teknik/metode, dan (6) latar/lingkungan. Unsur-unsur alami dalam biologi juga mampu didayagunakan sebagai sumber belajar yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Mulai dari struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran hingga taksonominya berperan sebagai sumber belajar yang tidak hanya terpaku dalam bidang biologi saja namun bidang lainnya juga yang saling berkaitan. Maka dari itu, penulis tertarik mengkaji kajian unsur-unsur biologi yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dengan mengedepankan analisis karakteristik teknologi pendidikan. Karakteristiknya terdiri dari (1) pendekatan sistem, (2) pendayagunaan sumber belajar, dan (3) orientasi pada pebelajar. Harapannya dari tulisan ini dapat menjadi suatu alternatif bacaan dalam memilih serta menggunakan unsur-unsur biologi dan dikembangkan dengan landasan karakteristik teknologi pendidikan.

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Asih, D. A. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1). doi: 10.30998/formatif.v7i1.1331

Degeng, I. N. S. (1989). Ilmu pengajaran taksonomi variabel. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Dewi, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gianyar. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 110–120. doi: 10.23887/wms.v15i1.31695

Duffy, T. M., & Jonassen, D. H. (2013). Constructivism and the Technology of Instruction: A Conversation. Routledge.

Etesike, C. N. (2019). Indispensable roles of educational technology resources in achieving education for all: Implications to sustainable peace and security in Nigeria. International Journal of Educational Policy Research and Review, 6(1), 15–20.

Evayani, N. L. P. (2020). Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode outdoor dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 391–400.

Habibie, B. J. (1995). Ilmu pengetahuan, teknologi & pembangunan bangsa: Menuju dimensi baru pembangunan Indonesia. Cidesindo.

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers & Education, 146, 103747. doi: 10.1016/j.compedu.2019.103747

Hikmah, N., Rahayu, E. S., & Saptono, S. (2021). Development of Plantae Taxonomy Garden as A Contextual Learning Resource of Plantae Subject in High School Biology. Journal of Innovative Science Education, 10(1), 306–313.

Huang, R. H., Liu, D. J., Tlili, A., Yang, J. F., & Wang, H. H. (2020). Handbook on facilitating flexible learning during educational disruption: The Chinese experience in maintaining undisrupted learning in COVID-19 outbreak. Beijing: Smart Learning Institute of Beijing Normal University, 1–54.

Huang, R., Spector, J. M., & Yang, J. (2019). Educational Technology a Primer for the 21st Century. Springer.

Ibrahim. (1985). Pengantar Teknologi Pendidikan (I. W. Ardhana, Ed.). Malang: IKIP Malang.

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66–73.

Irwandi, I., Winarti, A., & Zaini, M. (2019). Validitas buku ilmiah populer penyu untuk siswa SMA kawasan pesisir. Jurnal Bioedukatika, 7(1), 47–58.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2013). Educational technology: A definition with commentary. Routledge.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2021). Arti kata teknologi—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diambil 8 April 2021, dari https://kbbi.web.id/teknologi

Kilpatrick, A. L., Bouphavanh, K., Sengchanh, S., Namvongsa, V., & Gray, A. Z. (2019). Medical education in Lao People’s Democratic Republic: The challenges students face in accessing learning resources.

Klanderud, K., Vandvik, V., & Goldberg, D. (2015). The importance of biotic vs. Abiotic drivers of local plant community composition along regional bioclimatic gradients. PloS one, 10(6), e0130205.

Kuswandi, D., Thaariq, Z. Z. A., Ramadhani, L. R., Wijanarko, D. A., Hamudi, R. W. D., & Saga, M. N. A. (2020). Competencies of Educational Technology in Training for Teachers at Wahid Hasyim Junior High School, Malang, Indonesia. 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 26–31. Atlantis Press.

Kuswandi, D., Thaariq, Z. Z. A., Ramadhani, L. R., Wijanarko, D. A., Hamudi, R. W. D., Sinaga, M. N. A., … Khoirunnisa. (2020). The Role of Educational Technologists in Building the Skills of Early Childhood Teachers With TRINGO Ki Hadjar Dewantara Approach. 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020), 138–143. Atlantis Press.

Lau, K. H., Lam, T., Kam, B. H., Nkhoma, M., Richardson, J., & Thomas, S. (2018). The role of textbook learning resources in e-learning: A taxonomic study. Computers & Education, 118, 10–24. doi: 10.1016/j.compedu.2017.11.005

Lazar, S. (2015). The importance of educational technology in teaching. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 3(1).

Luppicini, R. (2005). A systems definition of educational technology in society. Educational Technology & Society, 8(3), 103–109.

Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Miarso, Y. (2014). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembangunan Pendidikan. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 1(1), 1–11.

Mumpuni, K. E., Susilo, H., & Rohman, F. (2013). Potensi tumbuhan lokal sebagai sumber belajar biologi. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 11(1), 825–829.

Nopiyanto, Y. E. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139–148.

Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 27–32.

Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159.

Sae, D. B., & Sihotang, H. (2020). Analisis Hambatan Guru MIPA dalam Pembelajaran Daring di SMAS KR. Rantepao di Masa Pandemi COVID 19. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 1(1), 1–12.

Santika, N. W. R. (2021). ICT On Education Management In Digital Age. International Seminar Proceeding, (2). Diambil dari https://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/internasional-seminar/article/view/209

Setyosari, P. (2019). Belajar Abad ke-21 dan Era Revolusi Industri 4.0. Dalam Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Malang: Seribu Bintang.

Solichin, M. M. (2020). Pembelajaran Moral Berbasis Ranah Afektif Di Sekolah Dasar Sekolah Alam Exelentia (SAE) Pamekasan. Perpustakaan IAIN Madura. Diambil dari http://repository.iainmadura.ac.id/238/

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).

Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata sebagai sumber belajar biologi dan strategi untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Bio Educatio, 3(2), 279499.

Suryaningsih, Y., & Aripin, I. (2020). Ecopreneurship Dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 911–922.

Switri, E. (2019). Teknologi dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Ayra Luna.

Thaariq, Z. Z. A. (2020). The Use of Social Media as Learning Resources to Support the New Normal. Teknodika, 18(2), 80–93.

Thaariq, Z. Z. A., & Surahman, E. (2021). How does educational technology answer challenges? Empirical theoretical studies and public perspectives. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(3), 474–482. doi: 10.11591/edulearn.v15i3.19598

Thaariq, Z. Z. A., & Wedi, A. (2020). Model Adaptive Blended Curriculum (ABC) sebagai Inovasi Kurikulum dalam Upaya Mendukung Pemerataan Pendidikan. Jurnal Kiprah, 8(2), 91–104.

Toto, T., & Yulisma, L. (2017). Analisis aplikasi konsep gaya dalam fisika yang berkaitan dengan bidang biologi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 63–72.

Urry, L., Cain, M., Wasserman, S., Minorsky, P., & Reece, J. (2016). Campbell Biology (11th edition). New York, NY: Pearson.

Uwajeh, P. C., & Ezennia, I. S. (2018). The Socio-cultural and ecological perspectives on landscape and gardening in Urban Environment: A narrative review. Journal of Contemporary Urban Affairs, 2(2), 78–89. doi: 10.25034/ijcua.2018.4673

Wedi, A. (2017). Pendayagunaan Sumber Belajar dalam Implementasi Strategi Penyampaian Pembelajaran Tematik. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 83–92.

Published
2021-12-31