Penerapan Media Animasi dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Satap Hoka TA. 2015/2016

Main Article Content

Damianus D. Dodo
Fincensius Oetpah

Abstract

PeneltianĀ ini yang dilaksanakan di SMP Negeri Hoka. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana respon siswa kelas VIII SMP Negeri Satu atap Hoka terhadap pembelajaran Biologi dengan menggunakan media animasi serta bagaimana hasil yang dicapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan dan metode pemberian soal tes. Metode pengamatan pada setiap siklus, berlansung selama proses belajar mengajar, sedangkan pemberian soal tes dilakukan pada akhir seluruh rangkaian kegiatan pembelajan pada setiap siklus. Hasil dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti selama proses belajar mengajar berlansung , siswa dengan tekun dan tenang menerima pelajaran yang diberikan peneliti, dan perkembangan dari siklus ke siklus mengalami kemajuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media animasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal tersebut didapat dari hasil tes yang diberikan pada setiap siklus, dengan nilai rata-rata yang dicapai pada siklus pertama adalah 45% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 100%, ini berarti persentase ketuntasan siswa dalam belajar biologi dengan menggunakan media animasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media animasi dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri Hoka

Article Details

Section
Articles