Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPA Biologi dengan Menggunakan Media Brosur Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Neonbat

  • Diana Abuk Reis Universitas Timor
  • Vinsensia U.R. Sila Universitas Timor
  • Maria Yustiningsih Universitas Timor
Keywords: Media Brosur, Prestasi Belajar, Respon Siswa, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar IPA Biologi dengan menggunakan media brosur pada siswa kelas VIII SMP Negeri Neonbat dan untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan media brosur dalam pembelajaran IPA Biologi. Manfaat dalam penelitian ini adalah memberikan informasi bahwa media brosur dapat digunakan sebagai salah satu pilihan media dalam proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran menjadi menarik, tidak monoton dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri Neonbat yang berjumlah 28 orang.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan rincian pertemuan pertama adalah proses belajar mengajar dan pertemuan kedua adalah tes. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa prestasi belajar siswa terjadi peningkatan hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan kelas yang mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 71,42%, pada siklus II 89,28% dan peningkatannya dari siklus I ke siklus II sebesar 17,86%. Selain itu respon siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 82,14 % dan pada siklus II 96 % mengalami peningkatan sebesar 13,86 %. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada setiap siklus peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media brosur dapat meningkatkan prestasi belajar IPA BiologiĀ  khususnya pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Neonbat pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Published
2018-12-31